SUARA INDONESIA

Bantu Tanggulangi Pandemi, Komunitas Relawan Rewo-rewo Purworejo Gelar Penyemprotan Disinfektan Dirumah Warga

Widiarto - 07 July 2021 | 17:07
Peristiwa Daerah Bantu Tanggulangi Pandemi, Komunitas Relawan Rewo-rewo Purworejo Gelar Penyemprotan Disinfektan Dirumah Warga

PURWOREJO - Komunitas relawan rewo-rewo Purworejo, Jawa Tengah, melaksanakan penyemprotan disinfektan di komplek Perumahan Kembang Arum Timur RT 02 RW 10 Kelurahan Kutoarjo, Kecamatan Kutoarjo, Rabu (7/7/2021).

Penyemprotan dilakukan dalam rangka penanggulangan covid-19 dan mendukung penerapan PPKM darurat di Kabupaten Purworejo, menyusul dengan telah terpaparnya 22 warga selama adanya pandemi sejak tahun 2020 di wilayah tersebut.

Penanggung jawab kegiatan penyemprotan, Widayat Tri Nugroho mengemukakan, semenjak awal pandemi, dari 22 orang yang terpapar covid-19, saat ini 18 orang telah dinyatakan sembuh, 2 masih positif, dan 2 orang dinyatakan meninggal dunia.

"Penyemprotan dilakukan terhadap empat dasa wiswa (dawis) yang ada pada RT 02 RW 10 Kelurahan Kutoarjo, dengan urutan pertama dawis kenikir, dawis seruni, dawis kemuning dan dawis menur. Seluruhnya disini terdapat 100 KK," ungkapnya.

Selain penyemprotan, lanjutnya, dalam penanganan covid-19 diwilayahnya, warga juga memanfaatkan program jogo tonggo. Saat ada warga yang terpapar, Ketua RT mengkoordinir warga melalui dawis untuk melakukan iuran sebagai bentuk bantuan warga yang terpapar.

"Jogo tonggo itu sumber dananya dari warga untuk warga, jadi nanti jika ada yang terpapar akan dibantu dari hasil iuran. Nanti juga ditanya mau masak apa, jadi segala kebutuhan akan dibelanjakan oleh para tetangga," ujarnya.

Dirinya berharap dengan dilakukan penyemprotan dan memaksimalkan jogo tonggo, keamanan dan kesehatan warga bisa terjaga dan terhindar dari covid-19.

Sementara itu, perwakilan dari komunitas rewo-rewo Purworejo, Yanuar Ristiawan, menuturkan, pihaknya melakukan penyemprotan atas permintaan warga. Dirinya mengaku sering melakukan kegiatan penyemprotan serupa di berbagai wilayah di Purworejo.

"Kegiatan penyemprotan kita sudah sering lakukan, jika ada permintaan kami pasti bergerak dan semua gratis," ungkapnya.

Penyemprotan kali ini, tambahnya, diikuti oleh 9 anggota komunitas. Penyemprotan terbagi menjadi dua tim yaitu tim dengan menggunakan mobil dan berjalan kaki. Untuk tim mobil melakukan penyemprotan dijalan dan didepan rumah warga. Sedangkan tim jalan kaki menyemprot bagian dalam rumah.

"Penyemprotan menghabiskan 1000 liter air dan kita juga membawa stok 3500 liter disinfektan," katanya.

Disampaikan, komunitas rewo-rewo Purworejo merupakan kumpulan para relawan dari berbagai macam komunitas. Komunitas ini fokus bergerak pada sektor penanganan pandemi covid-19.

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya