SUARA INDONESIA

Begini Kisah Menyentuh Rina, ODGJ Cantik Asal Ponorogo

Andre Prisna - 09 July 2021 | 09:07
Peristiwa Daerah Begini Kisah Menyentuh Rina, ODGJ Cantik Asal Ponorogo

PONOROGO - Berparas cantik dan berkulit putih, perempuan bernama Rina, warga Dukuh Keleng, Desa Ngebel, Kabupaten Ponorogo yang merupakan penyandang orang dalam gangguan jiwa (ODGJ).

Nama perempuan manis yang berusia 20 tahun tersebut sempat ramai diperbicangkan oleh masyarakat di berbagai media sosial, karena kisahnya yang menyayat hati. 

Menurut Kepala Desa Ngebel, Mujiono mengatakan, kejadian aneh yang menimpa Rina tersebut sudah kurang lebih 4 tahun lalu. Awalnya jatuh pingsan, setelah itu dia (Rina) tak ingat siapa dirinya.

"Saat ini Rina sedang mendapat perawatan dari RSUD dr Harjono Ponorogo. Rencananya, akan dirujuk ke rumah sakit Solo," jelasnya, Jum'at (9/7/2021).

Disinggung penyebab lain gangguan jiwa, menurut keluarga jika Rina pernah menjalin hubungan dengan seorang laki-laki. Entah kenapa dia depresi dan jiwanya mengalami gangguan.

"Rina saat ini tinggal di sebuah kamar yang layak huni. Akan tetapi, kamarnya dikunci, karena pihak keluarga khawatir dia akan kabur dari rumah. Karena sebelumnya sudah pernah kejadian," imbuhnya.

Kondisi Rina sangat bersih dan terawat. Sepintas memang dia bukan penyandang ODGJ. Kamar Rina diberi lubang kecil, sehingga keluarga bisa memberi sesuatu yang dimintanya.

"Kesehariannya, dia juga beraktivitas di dalam kamar tersebut. Jadi, Rina dikunci dari dalam kamar bukan karena dia mengamuk," jlentrehnya.

Sudah berbagai cara dilakukan pihak keluarga terutama ibunya, supaya anaknya tersebut dapat sembuh dari (maaf) gangguan jiwa. Namun tak kunjung membuahkan hasil.

"Berkat adanya progam bebas pasung, Rina dapat menjalani pengobatan layaknya orang normal. Serta saat ini dalam penanganan petugas kesehatan," tandasnya. (*)

Pewarta : Andre Prisna
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya