SUARA INDONESIA

Unik, Kades di Purworejo Punya Klangenan Kambing Ras Etawa Berkaki Tiga

Widiarto - 13 July 2021 | 21:07
Peristiwa Daerah Unik, Kades di Purworejo Punya Klangenan Kambing Ras Etawa Berkaki Tiga

PURWOREJO - Unik, kambing yang dimiliki Suroto, warga Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah ini, berbeda dari kambing pada umumnya yaitu dengan berkaki empat, namun kambing miliknya hanya lahir dengan hanya memiliki kaki tiga.

Kambing peranakan etawa ras Kaligesing itu telah berusia lima bulan dengan warna bulu hitam dan putih tampak sehat seperti peranakan kambing lainya.

Suroto yang juga sebagai Kepala Desa (Kades) Kaligono, menuturkan, bahwa sejak lahir kambing itu memang sudah tidak normal dan memiliki keanehan sendiri. Dari dua anak kambing yang lahir, hanya satu yang memiliki keanehan dari segi fisiknya yaitu pada bagian kaki belakang dan telur kelamin jantan sangklir atau besar sebelah.

"Pada saat lahir dua anak kambing yang satu normal yang satu hanya memiliki tiga kaki dan dari lahir memang seperti itu tidak ada kecelakaan, sebelumnya belum pernah ada, kalau induknya itu baru beranak pertama," ungkap Suroto, saat dikonfirmasi dirumahnya pada Selasa (13/7/2021).

Menurutnya, adanya keunikan pada anak kambing miliknya itu justru menjadi keunikan tersendiri, maka dirinya bertekad bahwa kambing unik miliknya akan tetap dipelihara untuk dijadikan klagenan tersendiri.

"Hingga saat ini saya belum punya keinginan untuk mejual dan justru akan saya buatkan kadang sendiri. Karena kambinya calon pejantan, walaupun cacat juga sehat dan lincah, untuk bentuk tubuh tetap bagus kepala hitam kupingnya juga bagus. Ini untuk makan tetap biasa dan tidak ada gangguan," ujar Suroto.

Suroto yang sudah menjabat Kades Kaligono selama 3 periode itu juga menjelaskan, bahwa di desanya juga menjadi sentral populasi kambing jenis ras Kaligesing. Hampir semua warga di desa itu memelihara kambing yang menjadi ikon Kabupaten Purworejo.

"Hampir setiap warga disini memelihara kambing, kalau ditotal di Desa Kaligono sendiri hampir ribuan, ya yang jelas untuk tabungan juga untuk biaya kehidupan seperti untuk biaya sekolah maupun kuliah karena sudah menjadi harta investasi," pungkasnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya