SUARA INDONESIA

Masuk Tender 2018, Lokasi Gedung Pengadaan Barang dan Jasa Trengggalek Dipertanyakan

Rudi Yuni - 15 July 2021 | 15:07
Peristiwa Daerah Masuk Tender 2018, Lokasi Gedung Pengadaan Barang dan Jasa Trengggalek Dipertanyakan

TRENGGALEK - Pemerintah Kabupaten Trengggalek di tahun 2018 ternyata telah melakukan tender pembangunan gedung pelayanan pengadaan barang dan jasa.

Namun demikian, hingga saat ini nampak pelaksanaan kegiatan pelayanan barang dan jasa masih berkantor di gedung lama yakni di lingkup sekretariat daerah lantai satu.

Sesuai data yang tercantum dalam proses tender di situs lpse.trenggalekkab.go.id, proses pembangunan gedung tersebut berlokasi di Kecamatan Trengggalek, Kamis (15/7/2021).

Dalam situs resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), upload tender tertanggal 13 Juli 2018, dengan nama tender pembangunan gedung pelayanan pengadaan barang dan jasa senilai Rp 1,1 miliar.

Menanggapi hal itu Rubianto selaku Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (ULP) Kabupaten Trenggalek mengaku tidak tahu menahu adanya pembangunan gedung ULP.

"Saya tambah tidak tahu mas, saya masih di PKPLH waktu itu," kata Rubianto kepada wartawan saat ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Disampaikan Rubianto, semua rencana pembangunan memang masuk pada LPSE, namun terkait hal itu kepala ULP yang sebelumnya menjabat di Dinas PKPLH tersebut menyampaikan tidak mengetahuinya.

Sementara Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Trenggalek Agus Yahya. Saat dikonfirmasi terkait hal itu pihaknya menuturkan pencatatan aset milik daerah dilakukan secara global.

Mengenai lokasi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mana saja yang menggunakan, Bakeuda tidak mengetahui secara spesifik. Karena terkait aset gedung yang ada, setelah dibangun akan dikelola di tiap OPD.

“Memang pencatatan keseluruhan aset milik daerah ada di kami, namun aset tersebut tercatat pada OPD pengguna," ungkapnya.

Lanjutnya, jika aset itu telah dilimpahkan ke OPD, berarti yang lebih tahu secara detail terkait penggunaan merupakan OPD yang berangkutan. Hingga saat ini pihaknya masih terus mencari data untuk memastikan hal tersebut.

Untuk melihat keberadaan gedung hasil pembangunan dari tender itu, awak media terus menelusuri dan mencari lokasi gedung tersebut.

Alhasil dari pencarian itu, hingga saat ini belum diketemukan bor yang terpampang untuk menunjukkan bahwa gedung layanan barang dan jasa telah terbangun.

Sesuai data yang didapat awak media, nama tender dalam situs resmi lpse.trenggalekkab.go.id yakni pembangunan gedung pelayanan barang dan jasa.

Satuan kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dengan nilai pagu sekitar Rp 1,1 miliar, berlokasi di Kecamatan Trengggalek.

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya