SUARA INDONESIA

Ponpes Al Ishlah Bondowoso akan Potong Ribuan Hewan Qurban, Pendistribusiannya Gunakan Drive Thru

Bahrullah - 16 July 2021 | 15:07
Peristiwa Daerah Ponpes Al Ishlah Bondowoso akan Potong Ribuan Hewan Qurban, Pendistribusiannya Gunakan Drive Thru

 

BONDOWOSO - Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ishlah, di Desa Dadapan, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, akan kembali memotong ribuan hewan qurban pada saat perayaan hari Idul Adha 1442 hijriah nanti.

Karena masih dalam situasi pandemi, maka pendistribusiannya akan menggunakan sistem Drive Thru atau layanan tanpa turun.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Subhan Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Grujugan pada media, Jumat (16/7/2021).

Lebih lanjut, Subhan menuturkan, pendistribusian daging qurban di Ponpes Al Ishlah dilakukan berbeda dibanding tahun lalu, sebab masih berada dalam masa pandemi covid-19.

"Rencananya, pendistribusian tahun ini dilakukan dengan dua skema," ujarnya.

Yang pertama untuk wilayah terdekat seperti Desa Dadapan, pengambilan daging qurbannya drive thru atau layanan tanpa turun (Lantatur).

"Akan ada jadwal waktu pengambilannya. Termasuk pengambilan organ dalam," ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, untuk pendistribusian ke kawasan yang jauh akan dibantu dari TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, hingga Brigif Yonif 514 Raider.

"Nanti masih akan dimatangkan secara teknis di rapat berikutnya. Termasuk panitia dari Al Islah juga akan hadir membahas terkait titik-titik pendistribusian masing-masing wilayah," ujarnya.

Menurut Subhan, ini dilakukan sebagai upaya agar tak terjadi kerumunan di tengah pandemi Covid-19. Karena, jumlah daging qurban yang akan dibagikan diprediksi mencapai sekitar 20 ton.

"Termasuk besok rapatnya ini membicarakan pendistribusian yang jangan sampai memindahkan kerumunan ke titik-titik tertentu," tutupnya.

Sementara, drh. Cendy Herdiawan Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Dinas Pertanian, menyebut, pemotongan terbanyak dalam satu lokasi memang selalu di Ponpes Al Islah setiap tahunnya.

Tahun ini sendiri catatan dari Dinas Pertanian ada 1.372 ekor domba dan 136 ekor sapi yang akan dipotong di Ponpes Al Ishlah.

"Itu data kemarin, belum tahu hari ini atau besok. Bisa bertambah," ungkapnya.

Ia menerangkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap domba dan sebagian sapi yang akan disembelih di Ponpes Al Ishlah.

Hasilnya, ditemukan ada beberapa hewan yang memang disarankan diganti dengan hewan qurban lain.  Alasannya, karena bunting dan penyakit kulit.

"Kita minta untuk diganti. Rencananya pihak Dispertan sendiri akan menerjunkan puluhan tim kesehatan hewan untuk diikutsertakan saat hari pemotongan di Al Islah," pungkasnya

Pewarta : Bahrullah
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV