SUARA INDONESIA

DKPP Surabaya Terjunkan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban, DPRD: Langkah yang Efektif

Lukman Hadi - 18 July 2021 | 07:07 - Dibaca 752 kali
Peristiwa Daerah DKPP Surabaya Terjunkan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban, DPRD: Langkah yang Efektif
Foto: Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Anas Karno saat meninjau hewan kurban di PD RPH, Jumat (16/7/2021).

SURABAYA - Wakil Ketua Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Surabaya, Anas Karno mengapresiasi apa yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menjelang Hari Raya Idul Adha.

Untu saat ini, DKPP sedang gencar melakukan pengecekan kesehatan bagi hewan kurban yang hendak dijual di Surabaya.

"Artinya DKPP itu punya tim yang diterjunkan untuk melakukan pengecekan kesehatan bagi hewan kurban yang masuk ke Surabaya," kata Anas, Minggu (18/7/2021).

Ia mengatakan, pihaknya telah mendapat laporan oleh DKPP terkait pengecekan kesehatan bagi sejumlah hewan kurban yang dijual untuk peringatan Idul Adha.

"Pengecekan dilakukan di beberapa titik tempat penjualan hewan kurban yang ada di Surabaya. Jika di satu titik memiliki hewan kurban sebanyak 30 atau 50 ekor, maka yang akan diperiksa sekitar 10 ekor," terang politisi PDI Perjuangan ini.

"Apakah hewan tersebut terkena penyakit atau tidak. Juga termasuk daging-daging yang akan dibagikan ke masyarakat jangan sampai terkena penyakit antraks," tambahnya.

Menurutnya, langkah yang diambil DKPP sudah terbilang efektif karena bisa mengantisipasi adanya penyakit pada hewan kurban.

"Ya bagus, itu untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada saat hari raya kurban nanti. Karena kan kondisinya sekarang masih pandemi," tuturnya.

Selain itu, ia juga meminta DKPP dapat berperan lebih aktif memberikan pembekalan ke masyarakat sebelum peringatan hari raya kurban.

"Dinas ketahanan pangan juga harus aktif melakukan penyuluhan ke masyarakat sebagai bekal pada pelaksanaan kurban nanti," tandasnya.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian sendiri telah menerjunkan 10 dokter untuk memeriksa kesehatan hewan kurban. 

Tim dokter diberi tugas memeriksa hewan kurban, di antaranya pemeriksaan antemortem ke mata, lidah, hidung serta kotoran hewan kurban (sebelum disembelih).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya