SUARA INDONESIA

Hari Ini Jemaah An Nadzir di Gowa Salat Idul Adha, Ini Dasarnya

Yuni Amalia - 19 July 2021 | 10:07
Peristiwa Daerah Hari Ini Jemaah An Nadzir di Gowa Salat Idul Adha, Ini Dasarnya

GOWA - Pemerintah Indonesia menetapkan jadwal salat Idul Adha 1442 hijriah pada Selasa (20/7/2021). Namun, Jemaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menggelarnya sehari lebih awal, yakni Senin (19/7/2021) hari ini.

Perayaan hari raya Idul Adha itu berlangsung di Perkampungan Mukmin An Nadzir, Kabupaten Gowa.

Jemaah setempat melaksanakan shalat mengenakan jubah berwarna hitam dan sorban yang digulung pada bagian kepala. Pakaian tersebut merupakan ciri khas jemaah An Nadzir di Kabupaten Gowa.

Pantauan suara.com -jaringan suaraindonesia.co.id, jemaah laki-laki melakukan salat Idul Adha di lapangan Masjid Baitul Muqaddis, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa.

Sementara, jemaah perempuan melaksanakan salat di dalam Masjid Baitul Muqaddis. Mereka beribadat dengan penerapan protokol kesehatan.

"Alhamdulillah seperti biasanya, salat Idul Adha ini kita laksanakan sebagaimana yang selama ini kita lakukan," kata Ustadz M Samiruddin Pademmui, Pimpinan Jemaah An Nadzir.

Ia menerangkan, jadwal perayaan lebaran Idul Adha itu berdasarkan hasil keputusan musyawarah bersama jemaah An Nadzir.

Keputusan itu hasil dari tim pemantau bulan mengamati purnama 14, 15 dan 16, serta purnama 27, 28 dan 29. Kemudian, dari pengamatan terbitnya bulan di subuh hari hingga berbagai fenomena alam. Seperti gerimis, hujan, kilat, angin dan puncak air laut.

"Hari Sabtu (10/7/2021) kemarin itu sudah terjadi pergantian bulan atau sudah masuk 1 Dzulhijjah. Dari situ kita berhitung 11 sampai hari ini sudah jatuh 10 Dzulhijjah 1442 Hijriah, jadi kita melaksanakan shalat Idul Adha hari ini," jelas Samiruddin.

Selain melaksanakan salat Idul Adha, pihaknya juga akan melakukan pemotongan tiga ekor sapi untuk dikurbankan lalu dibagikan kepada jemaah An Nadzir untuk disantap bersama. (amj)

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya