SUARA INDONESIA

Bupati Gresik ajak Perusahaan dan Sekolah Sedekah Tabung Oksigen

Syaifuddin Anam - 19 July 2021 | 18:07 - Dibaca 999 kali
Peristiwa Daerah Bupati Gresik ajak Perusahaan dan Sekolah Sedekah Tabung Oksigen
Bupati Gus Yani menunjukan tabung oksigen hasil peminjaman dari perusahaan dan sekolah. (Anam/suaraindonesia.co.id)

GRESIK - Kelangkaan tabung oksigen di wilayah Kabupaten Gresik mulai sedikit teratasi. Pasalnya, sejumlah perusahaan dan sekolah meminjamkan tabungnya untuk penanganan Covid-19 di Kota Pudak.

Sedikitinya sudah 50 lebih tabung yang didapat pemerintah dalam waktu sehari. Tabung tersebut dipergunakan untuk memperkuat layanan kesehatan di tingkat Puskesmas.

"Ini bentuk kolaborasi antara pemerintah, perusahaan dan sekolah SMK. Tabung ini sangat membantu ketersediaan oksigen di Puskesmas," kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Senin (19/7/2021).

Gus Yani menyatakan, puluhan tabung itu akan diisi di tempat produsen oksigen medis. Kemudian, disalurkan ke masing-masing Puskesmas se-Kabupaten Gresik termasuk ke wilayah Pulau Bawean.

"Kami sudah instruksikan Puskesmas buka 24 jam. Bagi yang tutup, tenaga kesehatannya dialihkan ke Puskesmas yang masih buka," ujarnya.

Puskesmas, lanjut Gus Yani, menjadi tempat pertama penanganan Covid-19. Dirinya tidak ingin lagi ada masyarakat yang mengeluh tidak mendapat layanan kesehatan.

"Apalagi sampai ada yang meninggal karena layanan puskesmas tutup. Kami tidak ingin peristiwa seperti itu terulang kembali," pintanya.

Saat ini, distribusi tabung oksigen masih diprioritaskan ke Puskesmas. Tidak menutup kemungkinan, kedepan empat posko yang sudah berdiri juga difasilitasi tabung oksigen. 

"Sekarang fokus kami puskesmas menjadi garda utama pelayanan Covid-19. Supaya masyarakat tidak lagi mondar-mandir mencari rumah sakit," pungkasnya.

Bupati milenial itu berharap, perusahaan yang lain turut terlibat bersedekah tabung oksigen dengan meminjamkannya kepada pemerintah. Sehingga Gresik tidak ada lagi kelangkaan tabung oksigen.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syaifuddin Anam
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV