SUARA INDONESIA

PT Cipta Mandala Indonesia Siap Bantu Pembuatan Dokumen CSMS bagi Perusahaan

Lukman Hadi - 20 July 2021 | 18:07
Peristiwa Daerah PT Cipta Mandala Indonesia Siap Bantu Pembuatan Dokumen CSMS bagi Perusahaan

SURABAYA - PT Cipta Mandala Indonesia (CMI) siap membantu perusahaan lain dalam pembuatan dokumen Contractor Safety Management System (CSMS).

Dokumen CSMS adalah kumpulan proses manajemen terpadu yang di gunakan untuk mengendalikan resiko yang terkait dengan manajemen kontraktor secara berkelanjutan, berdasarkan waktu nyata.

"Sistem ini adalah bentuk pengendalian resiko dan biasanya di sediakan secara keseluruhan atau sebagian perusahan manajemen kontaktor pihak ke tiga eksternal," kata Direktur Utama PT Cipta Mandala Indonesia, George Filip Loswetar, Selasa (20/7/2021).

Ia menjelaskan, secara singkat dokumen CSMS merupakan sistem dokumentasi untuk memastikan bahwa subkontraktor yang bermitra atau ingin mendapat pekerjaan di projek owner (Main Contractor) telah memiliki dan memenuhi syarat HSE manajemen yang berlaku di lingkungan kerja main contractor dalam perjanjian kerjasama kontrak yang disepakati.

"Kami bantu perusahaan anda dengan nilai evaluasi bagus. Saya punya banyak rekan perusahaan yang telah kami bantu buatkan dokumen CSMS nya. Dari mulai perusahan swasta hingga BUMN sebab tidak semua Main Contractor itu aturan mainnya sama," terangnya.

George pun menyampaikan, jika betapa pentingnya dokumen CSMS ini untuk sebuah perusahaan. Maka sebab itu, dokumen ini sering diminta untuk di penuhi oleh subkontraktor pada awal proses kualifikasi lelang dan tender sebagai salah satu penentu layak atau tidaknya subkontraktor mendapatkan pekerjaan dari Main Contractor.

"Dokumen CSMS bertujuan untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja dan untuk mengurangi tanggungjawab pekerjaan umum dan biaya potensial lainnya yang terkait dengan penggunaan kerja kontrak (subkontraktor) kriteria umum yang di bahas dalam ruang lingkup CSMS," ungkapnya.

PT Cipta Mandala Indonesia sendiri merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa sertifikasi bagi perusahaan dan beralamat di Jalan Sumberejo Makmur IV No.63, Benowo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV