SUARA INDONESIA

Berkurban Bareng Warga, Rektor UIN Khas Jember: Bentuk Pengabdian Kampus

Wilda Natasya - 22 July 2021 | 20:07
Peristiwa Daerah Berkurban Bareng Warga, Rektor UIN Khas Jember: Bentuk Pengabdian Kampus

JEMBER- Pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini telah memasuki tahun kedua, dan belum ada tanda-tanda menunjukkan kapan krisis berlarut ini akan berakhir. 

Namun, masyarakat tetap merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah dengan tradisi berkurban. Termasuk kampus Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember turut melaksanakan.

Namun kali ini, pelaksanaan kurban di kampus tersebut berbeda dari tahun sebelumnya. Jika sebelumnya proses pemotongan hewan kurban dilaksanakan di area kampus, kini dilakukan di tengah-tengah masyarakat. 

Keluarga besar UIN Khas Jember memilih di Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk, sebagai sasaran pelaksanaannya. Kegiatan penyembelihan kurban dilakukan pada Kamis (22/7/2021). 

Rektor UIN KHAS Jember Prof Babun Suharto menyampaikan, pelaksanaan kurban di tengah masyarakat sebagai bentuk implementasi Tri dharma perguruan tinggi. 

"Jadi itu merupakan bentuk pengabdian kampus di masyarakat," ujar Babun. 

Selain itu, kata Babun, pelaksanaan kurban tersebut juga sebagai bentuk rasa syukur atas transformasi kelembagaan dari IAIN ke UIN Jember. 

"Ini sekaligus bentuk rasa syukur kita atas alih status tersebut, sehingga kita berbagi kebahagiaan kepada masyarakat secara langsung," imbuhnya. 

Babun berharap, adanya pembagian daging kurban tersebut juga dapat membantu masyarakat di tengah Pemberlakuan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat. 

"Setidaknya dapat meringankan beban masyarakat di tengah kondisi sulit seperti saat ini," pungkasnya. 

Sementara itu Ketua Takmir Masjid Baiturrahim Dusun Sumbertengah, Desa Panduman Kecamatan Jelbuk, Nur Hadi mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar UIN Khas Jember atas sumbangan hewan kurban tersebut. 

"Kami mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan keluarga besar kampus. Kami langsung salurkan kepada masyarakat nanti," tuturnya. (ADV)

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya