SUARA INDONESIA

Bupati Jember Minta Masyarakat Tidak Takut Melakukan Isbat Nikah 

Wilda Natasya - 28 July 2021 | 20:07
Peristiwa Daerah Bupati Jember Minta Masyarakat Tidak Takut Melakukan Isbat Nikah 

JEMBER- Bupati Jember Hendy Siswanto, meminta masyarakat tidak perlu takut untuk melakukan isbat nikah. 

Menurutnya, hal tersebut dapat menjadi legal standing sebagai kelengkapan pengurusan administrasi oleh keluarga yang bersangkutan. 

"Isbat nikah ini penting, tujuannya bukan hanya untuk njenengan. Tapi untuk anak dan cucu njenengan, seperti pembagian warisan dan hak-hak lainnya," jelas Hendy, Rabu (28/7/2021) 

Untuk melaksanakan isbat nikah, masyarakat hanya perlu mendaftarkan diri ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Jember. Tanpa harus membayar biaya administrasi. 

"Sampaikan kepada saudara-saudaranya, Pemkan ingin melayani kalian semua. Ini gratis, tidak perlu membayar," lanjutnya. 

Pemerintah nantinya juga akan menggelar isbat nikah jarak jauh, yang dilakukan oleh setiap Kepala Desa dan bekerjasama dengan Pengadilan Agama. 

"Nanti kita adakan isbat nikah jarak jauh, kita kerahkan Kepala Desa yang ada di Jember," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Pengadilan Agama Jember Nurul Huda menyatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan kepada Pemerintah dalam mewujudkan Kabupaten Jember yang ramah terhadap perempuan dan anak. 

"Dengan begini, bapak dan ibu terlindungi oleh payung hukum. Serta bermanfaat bagi keturunan bapak dan ibu sekalian," tutupnya. 

Sesuai informasi yang dihimpun di lapangan, isbat nikah kali ini diikuti sebanyak 450 orang yang berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Jember.

 

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV