SUARA INDONESIA

Gresik Dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak 2021

Syaifuddin Anam - 29 July 2021 | 16:07 - Dibaca 672 kali
Peristiwa Daerah Gresik Dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak 2021
Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah (tengah) dan Kepala Dinas KBPPPA Gresik, dr Adi Yumanto (kiri) saat daring mendapat penghargaan dari Menteri PPA. (Anam/suaraindonesia.co.id)

GRESIK - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) menobatkan Gresik sebagai kabupaten layak anak (KLA) tahun 2021.

Penghargaan itu akan diserahkan kepada Bupati atau Wakil Bupati Gresik pada pekan ke II bulan September mendatang di Jakarta.

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah yang mengikuti acara secara daring mengatakan, prestasi yang diraih pemerintah tidak lepas dari dukungan seluruh masyarakat.

"Terimakasih kepada seluruh pihak dan stakeholder yang sudah mendukung dan mewujudkan Gresik sebagai kabupaten layak anak," ujar Bu Min sapaan akrabnya, Kamis (29/7/2021).

Bu Min menyatakan, dirinya bersama Bupati Fandi Akhmad Yani siap mendukung program Nasional untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak (Idola) tahun 2030.

Wabup perempuan pertama di gresik tersebut menambahkan, bersama Bupati Gus Yani akan memperbanyak tempat bermain dan ramah anak.

Dalam hal ini Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPA) akan bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pendidikan.

"Sukses KLA ini tidak murni tugas KBPPPA, tapi bentuk sinergi dengan seluruh OPD dan elemen yang ada untuk merealisasikan Idola 2030," imbuhnya.

Sementara Menteri PPA, Bintang Puspayoga menyebut, capaian kabupaten gresik tersebut tidak lepas dari 24 indikator yang mencerminkan lima klaster hak anak.

Salah satunya, pemenuhan hak sipil dan kebebasan hak anak. Kemudian, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif.

"Selanjutnya, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta perlindungan khusus," ucapnya saat daring.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syaifuddin Anam
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya