SUARA INDONESIA

Unik ! HUT di Tengah Pandemi, Warga Tamansari Bondowoso Upacara Bendera di Kuburan

Bahrullah - 17 August 2021 | 21:08
Peristiwa Daerah Unik ! HUT di Tengah Pandemi, Warga Tamansari Bondowoso Upacara Bendera di Kuburan

BONDOWOSO - Berbagai macam cara masyarakat merayakan HUT ke-76, khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum selesai.

Seperti, Warga Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bondowoso, Jawa Timur, yang dibilang cukup unik, dengan dipimpin para pemuda setempat mereka menggelar upacara bendera merah putih di kuburan atau Tempat Pemakaman Umum (TPU).

"Upacara HUT RI ini dilakukan secara gotong royong oleh warga RT 8,9,10 dan 11 pada Rukun Warga 04, Tamansari Bondowoso," kata Melati Koordinator Pemuda, pada media lewat keterangan tertulis, Selasa (17/8/2021).

Lebih lanjut, dia menerangkan, upacara itu dilaksanakan di kuburan tentu bukan tidak ada maksud dan tujuan.

"Upacara dilaksanakan di kuburan untuk merefleksikan para leluhur warga disini, yang telah berjuang membabat lingkungan di Tamansari," imbuhnya.

Dia mengungkapkan, dua tahun belakangan ini upacara bendera ditiadakan, karena adanya Pandemi Covid 19.

"Untuk mengobati kerinduan upacara HUT RI, kemudian menggerakkan para pemuda di Tamansari, Bondowoso yang tergabung dalam Pemuda Melati untuk melaksanakan upacara HUT RI ke-76," ujarnya.

Meski dilaksanakan di kuburan, lanjut dia, upacara berlangsung dengan hikmat seperti pada umumnya dengan dipimpin oleh tokoh setempat dan kemudian dilanjutkan pembacaan teks proklamasi.

Dia menuturkan, peserta upacara adalah anak-anak sekolah mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Dia menjelaskan, selesai upacara, kemudian dilakukan serangkaian lomba untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dia berharap, upacara itu tujuannya untuk memupuk jiwa nasionalisme sejak kecil

"Walau dilakukan secara sederhana di kampung, namun acara itu cukup merekatkan tali persaudaraan antar warga di Kelurahan Tamansari," pungkasnya.

Pewarta : Bahrullah
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV