SUARA INDONESIA

Dapat Kucuran Dana, Pokdarwis Joko Kendil Bangun Fasilitas Baru di Taman Sidandang

Widiarto - 22 August 2021 | 18:08
Peristiwa Daerah Dapat Kucuran Dana, Pokdarwis Joko Kendil Bangun Fasilitas Baru di Taman Sidandang

PURWOREJO - Penutupan obyek wisata pada masa pandemi covid-19, dimanfaatkan oleh pengelola obyek wisata alam Taman Sidandang di Desa Wisata Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, untuk berbenah diri dengan membangun sejumlah fasilitas baru.

Pembangunan fasilitas itu dilakukan Pokdarwis Joko Kendil selaku pengelola obyek wisata Taman Sidandang, setelah menerima kucuran dana dari Kementrian Desa sebesar 600 juta ditahun 2021 ini. Penambahan fasilitas diharapkan bisa menambah daya tarik baru di lokasi obyek wisata alam Taman Sidandang.

"Iya benar, ditahun 2020 lalu desa wisata Kaligono mendapat kepercayaan dari Pemprov Jateng melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, untuk mengelola bantuan yang khusus untuk pengembangan pariwisata sebesar 500 juta dan oleh Desa Kaligono dipercayakan untuk mengembangkan obyek wisata Taman Sidandang, ditahun 2021 ini Desa Kaligono kembali mendapat bantuan untuk pengembangan pariwisata dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi sebesar 600 juta dan oleh Desa Kaligono juga kembali dipercayakan untuk pengembangan pariwisata di obyek wisata Taman Sidandang ini," ungkap pengurus Pokdarwis Joko Kendil yang juga pengurus Badan pengelola Desa Wisata Kaligono (Dewi Kano) dan juga sebagai Kasi Kesra Desa Kaligono, Kelik Suprapto, saat ditemui dilokasi obyek wisata Taman Sidandang, pada Minggu (22/8/2021).

Disampaikan, pengerjaan penambahan fasilitas baru itu telah dimulai sejak Sabtu (21/8/2021) kemarin, setelah bantuan dana dari Kementrian turun pada sekitar bulan Juli lalu.

"Bantuan dari Kementrian itu kita alokasikan  di obyek wisata Taman Sidandang untuk menambahi beberapa fasilitas diantaranya akan kami bangun 8 kios atau warung wisata, lalu nanti ada wajah depan Taman Sidandang yang dilengkapi dengan area parkir dan jalan masuk menuju lokasi wisata, dua titik home stay di dalam lokasi dan sarana toilet di area kios wisata," beber Kelik.

Adapun fasilitas yang telah dibangun sebelumnya yaitu dari hasil bantuan dana dari Pemprov Jateng, Pokdarwis Joko Kendil telah menyelesaikan pembangunan fasilitas baru diantaranya sekretarit Pokdarwis Joko Kendil, mushola, 9 titik gasebo, jalan lingkungan wisata, dan 3 titik toilet didalam area obyek wisata alam Taman Sidandang.

"Sementara anggaran kami fokuskan di obyek wiaata Taman Sidandang untuk magnet atau daya tarik wisata kemudian nanti akan kami petakan potensi lain yang ada di Desa Kaligono ini, jika kalau memang ada kesempatan untuk mengalokasikan baik dari dana desa, dana dari propinsi, dana dari kabupaten, dari pusat maupun lainya, dengan harapan setelah nanti boleh dibuka kembali maka pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas yang kami bangun dan merasa puas dengan apa yang kami sajikan disini," ujarnya.

Disampaikan, obyek wisata alam Taman Sidandang merupakan salah satu destinasi unggulan di Kecamatan Kaligesing dan Purworejo. Di lokasi itu ditawarkan beragam wisata alam mulai sungai, taman, pohon langka dan kuliner dengan menu khas Desa Kaligono yang dipasarkan di area parkir obyek Wisata Taman Sidandang.

"Semoga kondisi pandemi bisa segera semakin membaik dan obyek wisata bisa segera dibuka kembali," harapnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV