SUARA INDONESIA

PLN Serahkan CSR Senilai 145 Juta untuk Pengembangan Masyarakat di Kampung Papring Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 27 August 2021 | 15:08
Peristiwa Daerah PLN Serahkan CSR Senilai 145 Juta untuk Pengembangan Masyarakat di Kampung Papring Banyuwangi

BANYUWANGI- PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB) kembali menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR), melalui program PLN Peduli, Jumat (27/8/2021).

Kali ini, program CSR disalurkan untuk pengembangan masyarakat di Kampung Papring, Kelurahan/Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur.

Tim PLN Peduli, Alaminikita menyampaikan, alasan memilih kampung yang terkenal dengan pusat pengrajin bambu itu, dikarenakan memiliki potensi besar untuk meningkatkan perekonomian warga.

"Ini merupakan program dari PLN Peduli, memang terfokus pada pemberdayaan masyarakat komunitas. Untuk sasaran, kami mendasarkan pada rekomendasi yang memang memiliki potensi," terangnya.

Dia menyebut, adapun bantuan yang diberikan antara lain berupa rumah ibadah, sarana dan prasarana umum, dengan total anggaran sebesar Rp 145 juta.

Kata dia, total nominal sebesar Rp 145 juta yang disalurkan itu merupakan rangkaian dari bantuan yang diberikan pada bulan Juni lalu.

"Rp 100 jutanya sudah kami serahkan pada bulan Juni yang lalu, berupa pengembangan sarana, yakni galeri tempat promosi, gudang untuk penyimpanan, dan musala," ujar Analis Perizinan Pertanahan PLN UIP JBTB ini.

"Sementara nominal lanjutan senilai Rp 45 jutanya, kami serahkan hari ini, untuk pelatihan pengembangan edukasi. Kami fokuskan pada pelatihan keterampilan warga, menghasilkan lebih banyak pengrajin juga membentuk manajemen," sambungnya.

Alaminikita berharap, adanya bantuan dari PLN Peduli ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat di Lingkungan Kampung Papring.

"Kami berharap kedepannya Kampung Bambu Papring semakin berkembang dan mereka punya barang ready stock. Selain itu semoga kedepan, tempat ini bisa menjadi destinasi yang bisa di visit oleh masyarakat lokal dan luar Banyuwangi," tutupnya.

Perwakilan penerima manfaat Widie Nur Mahmudy menyampaikan terima kasih kepada PLN yang telah memberikan perhatiannya kepada masyarakat untuk peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

"Kita bersyukur banget, karena kendala kami memang di pemasaran, peningkatan mutu, dan perawatan. Adanya bantuan pengadaan gudang ini, bisa menyimpan stok yang ada," ungkap Pengelola Komunitas Kampung Papring Kreatif ini.

Dia berjanji akan terus meningkatkan kualitas produk, menambah model barang, dan semua yang berkaitan dengan kerajinan bambung. Sehingga benar-benar membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kami juga berharap program pemberdayaan masyarakat ini dapat terus dilakukan PLN, terus berkelanjutan sesuai kriteria PLN itu sendiri," tutupnya. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV