SUARA INDONESIA

Gempa 6,0 M Guncang Wilayah Keerom

Mustakim Ali - 28 August 2021 | 20:08
Peristiwa Daerah Gempa 6,0 M Guncang Wilayah Keerom

JAYAPURA - Wilayah Kabupaten Keerom Provinsi Papua diguncang gempa tektonik yang berkekuatan 6,0 M pada, Sabtu (28/08/2021) tepatnya pukul 21:29 WIT.

Dari hasil analisis BMKG, dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo  6,0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi  5,7 M.

Dari rilis yang diterima suaraindonesia.co.id dari BMKG Jayapura malm ini, episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 3,51° LS ; 140,44° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 76 km arah barat daya Kota Waris, Kabupaten Keerom, Papua pada kedalaman 48 km.

Dimana jenis dan mekanisme Gempa bumi ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Subduksi New Guinea. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik.  

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, dan Wamena II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut dan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga hari Sabtu, 28 Agustus 2021 pukul 22:21 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 6 aktivitas gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar M=3,8.

BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu juga menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV