SUARA INDONESIA

Sekelompok Pemuda di Purworejo Gelar Lomba Layang-layang

Widiarto - 29 August 2021 | 17:08
Peristiwa Daerah Sekelompok Pemuda di Purworejo Gelar Lomba Layang-layang

PURWOREJO - Karang Taruna Jaya Bhakti Desa Jenar Kidul, Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar lomba layang-layang Sendaren, pada Minggu (29/8/2021) sore.

Selain mengisi kegiatan peringatan HUT RI ke-76, lomba digelar sebagai bentuk apreasiasi terhadap kreatifitas para pemuda di Desa Jenar Kidul.

Puluhan layang-layang berjenis Sendaren dan lainnya, dengan aneka bentuk, warna dan ukuran diterbangkan secara serentak di persawahan ikut Dusun Karangmoncol Desa Janar Kidul. Antusias warga yang datang cukup rame, tak hanya warga dari Desa Jenar Kidul, warga dari desa lainpun banyak yang datang guna menyaksikan keseruan lomba layang-layang itu. Karena masih dalam masa pandemi Karang Taruna menggelar kegiatan lomba secara protokol kesehatan yang ketat.

"Ada sekitar 20 peserta baik dari Desa Jenar Kidul dan desa sekitar yang ikut dalam lomba layangan ini," kata panitia kegiatan lomba, Ranni Anugrah Pramudhita, saat ditemui disela kegiatan lomba, pada Minggu (29/8/2021) sore.

Dikatakan, lomba layang-layang itu baru pertama kali digelar oleh Karang Taruna Desa Jenar Kidul, dengan tujuan untuk menumbuhkan semangat dan kreatifitas warga dan pemuda di Desa Jenar Kidul.

"Kami juga mengundang teman-teman penghobi atau pegiat layang-layang naga (dragon kite) yang ada di wilayah Kecamatan Purwodadi untuk turut memeriahkan kegiatan ini," ujarnya.

Sekretaris Desa Jenar Kidul, Nugroho Rudi Artanto, yang turut hadir dalam perlombaan itu, menyatakan apresiasi terhadap ide dan gagasan yang dilakukan para pemuda Desa Jenar Kidul, yaitu dengan melaksanakan lomba layang-layang.

"Walau masih dalam masa pandemi namun tidak mengutangi semangat para remaja dan pemuda untuk tetap berkreasi dan berkarya untuk melaksanakan lomba layang-layang, lomba ini kami apresiasi karena dalam pelaksaan lomba layang-layang ini kami anggap cerdas yaitu dimana didalamnya terdapat pelajaran fisika yang untuk menerbangkan layang-layang itu sangat membutuhkan angin, kekuatan dan perhitungan kontruksi yang sangat matang dan harus presisi agar layangan bisa terbang dengan baik," katanya.

Dirinya berharap lomba layang-layang itu bisa diagendakan dalam setiap tahunnya.

"Lomba ini bisa di agendakan tahunan dan menjadi destinasi wisata di Desa Jenar Kidul dan harapan kami juga para pemuda di Desa Jenar Kidul bisa semakin maju, kreatif dan inovatif," pungkasnya.



 

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV