SUARA INDONESIA

8 Pelaku Usaha di KEK Kendal Tandatangani Kemitraan dengan UMKM Kendal

Amrizal Zulkarnain - 01 September 2021 | 17:09 - Dibaca 2.32k kali
Peristiwa Daerah 8 Pelaku Usaha di KEK Kendal Tandatangani Kemitraan dengan UMKM Kendal
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, saat penandatangan kerjasana dengan delapan perusahana yang bermitra dengan UMKM Kendal di KEK Kendal, Rabu 01/09/2021 (Zamroni/SIN)

Kendal- Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah bersama delapan perusahaan yang ada di Kawasan Ekonomi Kusus (KEK) Kendal, menyepakati kerjasama atas kemitraan UMKM Kendal di KEK Kendal.

kesepakatan itu ditandai dengan penanda tanganan komitmen pelaku usaha di KEK Kendal dengan UMKM Kendal, di ruang paringhitan Kendal, Rabu (01/09/2021).

Direktur Utama PT KEK Kendal, Didik Purbadi, mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemkab Kendal yang selama ini sudah membantu pelaku usaha yang ada di KEK Kendal dalam setiap proses perijinan dan kesulitan di KEK Kendal.

"Saat ini ada delapan pelaku usaha ekonomi di KEK Kendal, termasuk kami dari PT KIK yang sudah masuk tahapan pelaksanaan proses oprasi dan sudah menyerap tenaga kerja sekitar 10 ribu orang, dari 10 ribu tenaga kerja itu 90 persennya warga Kendal," katanya.

Selain itu, lanjut Didik, masih ada 17 perusahaan lagi di KEK Kendal yang saat ini masih tahap pembangunan atau kontruksi.

"Kalau 17 perusahaan itu sudah bisa beroprasi bisa menampung tenaga kerja sekitar 30 ribu tenaga kerja," paparnya.

Lebih lanjut Didik mengatakan, delapan perusahan yang sudah memandatangai kerjasama ini meliputi, 1. Master Kidz Indonesia 2. PT Exlat Textile Internasional 3. PT Global Textile Indonesia 4. PT Sinar Harapan Plastik 5. Auri Steel Metalindo 6. PT Maju bersama Gemilang 7. PT Brone Technology Indonesia 8. PT KIK.

"Dari 8 perusahaan itu berasal dari 4 Negara yaitu, Hongkong, Tailand, Indonesia, Singapure," tandasnya.

Didik menjelaskan, pihaknya juga sudah melakukan kordinasi dan kerjasama dengan pengelola SMK dan sekolah Vokasi yang ada di Kendal.

"Semoga komitmen bersama ini bisa berlanjut dan bisa menopang program pertumbuhan ekonomi di daerah Kendal," paparnya.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, semoga kerjasama ini bisa berjalan dengan baik dan kedepan pelaku usaha bisa membantu menopang pertumbuhan ekonomi di Kendal serta bisa mensejahterakan masyarakat.

"Semoga seluruh pihak investor yang sudah bekerjasama ini bisa komitmen dan bisa mensukseskan visi misi kami yaitu menjadikan Kendal sebagai pusat industri dan pariwisata," terangnya.

Dico juga menginginkan seluruh perijinan dimudahkan. dirinya juga berharap kedepan investor bisa lebih mudah masuk di Kendal agar bisa mendongkrak prekonomian di Kendal.

"Kita juga akan meningkatkan SDM masyarkat Kendal, kita juga akan memberikan bimbingan kepada UMKM, agara UMKM Kendal dengan pelaku usaha di KEK Kendal bisa singkron," pungkasnya.
 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya