SUARA INDONESIA

Panen Raya, Harga Cabe di Purworejo Anjlok

Widiarto - 03 September 2021 | 20:09
Peristiwa Daerah Panen Raya, Harga Cabe di Purworejo Anjlok

PURWOREJO - Petani cabe di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, telah memasuki masa panen raya, panen berbarengan dengan sejumlah sentra cabe di wilayah lain, hal itu menyebabkan harga cabe mengalami anjlok.

Turunnya harga cabe di tingkat petani saat ini, disebabkan karena tingginya produksi cabe yang tidak diikuti dengan serapan yang optimum, akibatnya petani cabe mengalami kerugian.

Kepala Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Purworejo, Wasit Diono, memgatakan, harga ditingkat produsen sangat dipengaruhi persediaan dan permintaan, stok lokal (luas panen lokal), kiriman dari luar daerah, serta momentum tertentu di suatu daerah.

"Saat ini tanaman cabe di wilayah Purworejo terutama dibagian selatan sudah memasuki masa penggantian tanaman,
sedangkan cabe besar hijau sebagian besar memasuki fase berbunga dan
ada beberapa tanaman yang dalam fase akhir," katanya.

Disebutkan, dari hasil pantauannya, harga cabe di tingkat produsen di Pasar Lelang Desa Pasaranom Kecamatan Grabag, pada tanggal 1 September 2021, cabe besar hijau varietas F1 harga Rp. 5.000,-/kg, cabe merah rawit Rp. 9.000,-/kg dan cabe keriting Rp. 6.000,-/kg.

Sedangkan harga cabe ditingkat konsumen berdasarkan pantauan harga pangan di Pasar Kutoarjo, cabe besar hijau harga Rp. 7.000,-/kg, cabe merah rawit Rp. 10.000,-/kg dan cabe keriting Rp. 10.000,-/kg.

"Untuk sementara kami terus monitor harga pasar untuk melihat perkembangan yang ada," ujarnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV