SUARA INDONESIA

Jalan Provinsi di Mukomuko Rusak Parah

Robianto - 06 September 2021 | 14:09
Peristiwa Daerah Jalan Provinsi di Mukomuko Rusak Parah

MUKOMUKO - Sejumlah warga meminta pemerintah melalui dinas terkait untuk segera memperbaiki ruas jalan provinsi, tepatnya di SP 3 Selagan Jaya - Pondok Kopi, Kabupaten Mukomuko.

Pasalnya, ruas jalan provinsi tersebut mengalami rusak parah sejak beberapa hari terahir akibat diterjang arus air luapan anak sungai.

Hingga kabar ini diturunkan, jalan itu tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.

Salah seorang pengguna jalan, Abdan Dewan Tara (34) warga Desa Pondok Kopi, Senin (6/9/2021) mengaku, kerusakan jalan dilokasi itu sejak beberapa bulan lalu.

Saat masih amblas sebagian, tampak sudah ada penanganan sementara dari pihak terkait, dengan membuat jembatan dari batang kelapa.

"Beberapa bulan lalu hanya sebagian yang susak, tapi sebagian yang amblas itu dipasang jembatan dari batang kelapa, namun sejak beberapa hari terahir jalan itu putus dan tidak bisa lagi dilewati kendaraan roda empat. Kendaraan roda dua pun harus turun kalau mau lewat. Kami berharap agar pemerintah melalui dinas terkait segera turun tangan memperbaiki jalan itu supaya arus lalulintas berjalan lancar dan menekan resiko kecelakaan," pinta Abdan.

Lebih lanjut Abdan berharap. pemerintah mesti cepat memperbaiki kerusakan jalan itu, jalan itu merupakan jalan provinsi, dimana intensitas kendaraan cukup tinggi dan menghubungkan dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Teras Terunjam - Kecamatan Kota Mukomuko.

"Kerusakan jalan jelas mengganggu arus lalulintas, bahkan beresiko bagi pengguna jalan. Oleh karena itu, pemerintah diminta segera memperbaiki jalan tersebut," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pondok Kopi, Saiden ketika dikonfirmasi suaraindonesia.co.id pada Senin (6/9/2021) siang, bembenarkan kondisi jalan tersebut.

Namun dikatakan Saiden, dalam waktu dekat ini akan penanganan sementara dari dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko.

"Iya Kondisinya sudah tidak bisa dilalui. Tapi tadi pagi pihak dinas PUPR Kabupaten sudah turun melihat kondisi jalan tersebut, dan disitu tadi juga sudah ada material. Mungkin besok sudah ada penanganan sementara dengan memberi pancang dari batang kelapa, soalnya tadi sudah nyari batang kelapa," kata Saiden.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko Ruri Irwandi, melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Budiarto saat dihubungi suaraindonesia.co.id Senin (6/9/2021) melalui sambungan telepon, ia mengatakan terkait kondisi ruas jalan provinsi yang rusak tersebut. Pihaknya terus memantau dan berkoordinasi dengan dinas PUPR Provinsi.

"Kami sudah berkoordinasi dengan dinas Provinsi, mereka merespons dengan baik. Ada sebagian material itu sudah masuk, tapi kami dari PUPR Kabupaten tetap membantu dan trus bersinergi untuk penanganan sementara. Karna itukan sipatnya darurat. Hari ini kita akan datangkan excavator dan material untuk penanganan darurat sementar," jelas Budiarto.

Pewarta : Robianto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV