SUARA INDONESIA

50 Andikpas LPKA Kutoarjo Jalani Vaksinasi Covid-19 Dosis Ke-2

Widiarto - 08 September 2021 | 10:09
Peristiwa Daerah 50 Andikpas LPKA Kutoarjo Jalani Vaksinasi Covid-19 Dosis Ke-2

PURWOREJO – Sebanyak 50 Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) yang tinggal di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah, menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua, di aula Sahardjo LPKA Kutoarjo.

Selain itu, terdapat 16 anak yang merupakan keluarga dari petugas LPKA Kutoarjo juga mengikuti kegiatan vaksinasi itu.

Kegiatan vaksinasi dosis kedua terlaksana dengan dukungan penuh dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0708 Purworejo melalui Rumah Sakit Bantuan (Rumkitban) 03.08.04 Purworejo.

"Kegiatan ini digelar sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di lingkungan LPKA Klas 1 Kutoarjo. Total ada 66 orang anak yang menjalani vaksinasi dosis kedua hari ini dimana 50 orang berasal dari Andikpas yang tinggal di dalam LPKA Klas 1 Kutoarjo, sedangkan 16 anak lainnya berasal dari keluarga LPKA," kata Kepala LPKA Kutoarjo, Hari Winarca, kepada kontributor suaraindonesia.co.id, pada Rabu (8/9/2021).

Disampaikan, vaksinasi itu terlenggera dengan dibantu oleh tim medis dari Rumah Sakit Dinas Kesehatan Tentara (DKT) Rumah Sakit Bantuan milik TNI Angkatan Darat di Purworejo. Ia juga memastikan bahwa Andikpas yang menjalani vaksinasi ini telah mendapat izin dari keluarganya untuk bisa divaksin melalui layanan informasi Family Link yang ada di LPKA Kutoarjo.

"Kita selama ini memang selalu melakukan sosialisasi dan edukasi baik kepada Andikpas yang sedang menjalani masa pembinaan di LPKA Kutoarjo maupun kepada keluarganya. Kegiatan ini diharapkan akan bisa memberikan kekebalan dari paparan virus Covid-19 yang mungkin saja bisa dirasakan meski mereka tinggal di sini," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pelaksanaan vaksinasi di LPKA Kutoarjo juga turut membantu mensukseskan program pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang digaungkan baik dari pemerintah daerah maupun dari pemerintah pusat termasuk dalam hal ini Ditjen Pemasyarakatan.

Kepala Rumah Sakit Bantuan (Rumkitban) 03.08.04 Purworejo, Lettu Heri Puji Winarto A.Md Rad, mengatakan bahwa untuk jenis vaksin yang diberikan bagi Andikpas dan keluarga petugas LPKA Kutoarjo untuk dosis yang kedua ini sama dengan jenis vaksin saat vaksinasi dosis pertama 6 Agustus yang lalu yakni vaksin Sinovac.

“Vaksinasi itu merupakan upaya preventif kesehatan dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 bagi Anak Didik Pemasyarakatan, pegawai dan keluarganya serta sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah agar terciptanya herd imunity pada masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, perawat ahli pertama LPKA Kutoarjo, Suci Indriani,S.Kep,Ners menyampaikan terima kasih kepada tim medis dari Rumkitban 03.08.04 Purworejo yang telah membantu melaksanakan program vaksinasi Covid-19 bagi Andikpas dan keluarga pegawai mulai dari dosis pertama awal agustus lalu hingga dosis kedua ini.

“Saya berharap seluruh pegawai dan Andikpas tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) meskipun telah divaksin,” pungkasnya

 

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV