SUARA INDONESIA

Perusahaan Konveksi di Banyuwangi Gulung Tikar, 80 Karyawan Kena PHK

Muhammad Nurul Yaqin - 08 September 2021 | 11:09
Peristiwa Daerah Perusahaan Konveksi di Banyuwangi Gulung Tikar, 80 Karyawan Kena PHK

BANYUWANGI- Perusahaan konveksi PT Baguda Wear di Jalan Gambor, Dusun Bangunrejo, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jawa Timur, gulung tikar. Sebanyak 80 karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut terkena PHK (pemutusan hubungan kerja).

Kasi Pengembangan Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Banyuwangi, Muhammad Rusdi menyebut, dampak pandemi Covid-19 membuat perusahaan tersebut terpaksa tutup alias bangrut.

"Penyebabnya Covid-19. Mereka sudah bertahan dengan mengurangi hari kerja, namun pada akhirnya mereka angkat tangan dan menyatakan tidak mampu lagi mempertahankan perusahaan," ucap Rusdi saat dikonfirmasi, Rabu (8/9/2021).

Dia menerangkan, karena perusahaan konveksi ini bergerak di bidang usaha pembuatan pakaian, dalam skala pemesanan (order). Akibat pandemi ini, para pembeli semakin berkurang bahkan tidak ada.

"Jadi perusahaan konveksi itu pembelinya dari luar, sehingga tidak ada yang mengorder," jelas Rusdi.

Rusdi menambahkan, Disnakertrans Banyuwangi juga sudah beberapa kali melakukan mediasi bersama pihak perusahaan, untuk memikirkan nasib para karyawan yang terkena PHK.

"Kemarinnya kami sudah melakukan pertemuan dengan pimpinan perusahaan konveksi itu, katanya mau mengusahakan memenuhi pesangon karyawannya yang berjumlah kurang lebih 80 orang," katanya.

Dari hasil pertemuan itu, perusahaan menyepakati dalam jangka waktu 3 tahun untuk menjual aset yang ada. Agar hasilnya nanti diperuntukkan memenuhi pesangon para karyawan.

"Mudah-mudahan para pekerja sabar menunggu. Saya juga meminta agar tetap memantau asetnya bagi karyawan yang rumahnya dekat dari perusahaan itu," tandasnya. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV