SUARA INDONESIA

PT Astra Lewat Unej Beri Bantuan Petani Kopi Terdampak Covid-19, Sambil Sosialisasi Prokes

Bahrullah - 12 September 2021 | 13:09
Peristiwa Daerah PT Astra Lewat Unej Beri Bantuan Petani Kopi Terdampak Covid-19, Sambil Sosialisasi Prokes

BONDOWOSO - PT. Astra International lewat Universitas Jember (Unej) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) memberikan bantuan kepada para petani kopi yang terdampak oleh pandemi Cocid-19.

LP2M Unej juga memberikan sosialisasi intensif pada masyarakat betapa pentingnya menggunakan protokol kesehatan setiap hari seperti penerapan 3M (Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak, dan Menggunakan masker).

Menurut Ketua LP2M Universitas Jember, Prof. Yuli Witono, menerangkan, bantuan yang diberikan berupa sembilan bahan pokok (sembako) dan vitamin.

"Bantuan ini diperuntukkan bagi 450 petani yang ada di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sumber Wringin dan Kecamatan Ijen," ujarnya, Minggu (12/9/2021).

Lebih lanjut, Yuli menerangkan, bantuan bagi petani kopi Bondowoso yang terdampak Covid-19 dikemas dalam kegiatan Nurani Astra 2021.

"Untuk paket bantuan disiapkan dan dikemas oleh Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Jember," jelasnya.

Seperti yang diketahui, LP2M Universitas Jember bersama PT. Astra Internasional memiliki program Desa Sejahtera Astra yang membina petani kopi di Bondowoso.

"Selama pandemi Covid-19 kami mengamati banyak petani yang terdampak, oleh karena itu Unej bersama PT. Astra International tergerak membantu mereka,” jelasnya.

Sementara itu Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna mengapresiasi kegiatan Nurani Astra. Menurutnya kata kunci menghadapi masa pandemi Covid-19 adalah kolaborasi. Pasalnya tidak mungkin pemerintah sendirian mengatasi pandemi Covid-19.

"Seperti yang dikonsepkan dalam Pentahelix kata dia, dimana kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi, komunitas dan media massa dapat menyelesaikan suatu masalah," jelasnya.

Pihaknya bersyukur karena dikaruniai kesehatan dan masih bisa beribadah membantu sesama melalui kegiatan Nurani Astra.

"Sekaligus membuktikan bahwa dunia perguruan tinggi selalu membumi tidak menjadi menara gading,” jelas di sela-sela melepas bantuan untuk petani kopi di Bondowoso yang terdampak pandemi Covid-19. (DP)

Pewarta : Bahrullah
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV