SUARA INDONESIA

Bangun Infrastruktur, Kodim 0708 Purworejo Laksanakan TMMD Sengkuyung III

Widiarto - 15 September 2021 | 11:09 - Dibaca 800 kali
Peristiwa Daerah Bangun Infrastruktur, Kodim 0708 Purworejo Laksanakan TMMD Sengkuyung III
Wabup dan Dandim 0708 Purworejo saat menandatangi berkas pembukaan TMMD sengkuyung III di Kabupaten Purworejo

PURWOREJO - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III di Kabupaten Purworejo Tahun 2021 mulai dilaksanakan. Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, di Ruang Bagelen pada Rabu (15/09/2021).

Wabup Yuli Hastuti, mengatakan, kegiatan TMMD yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun, telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat serta sejalan dengan upaya percepatan dan pemerataan pembangunan. Disamping itu, program TMMD merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program-program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

“Meskipun masih menghadapi pandemi Covid-19, namun program TMMD tetap kita laksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Semua ini kita lakukan karena program TMMD terbukti sangat membantu mendorong kemajuan di desa. Bahkan program ini menjadi salah satu wahana sosialisasi kepada masyarakat, tentang penerapan protokol kesehatan serta program vaksinasi massal Covid-19”, katanya.

Disampaikan, sasaran yang dipilih pada TMMD ini, merupakan skala prioritas dan telah melalui kajian-kajian sehingga berpadu dengan program pemerintah daerah, dan diharapkan menjadi rencana program pembangunan daerah. Bahkan pada TMMD yang telah berjalan, tidak hanya sasaran fisik saja yang diberikan, tetapi juga sasaran nonfisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan narkoba, kamtibmas, dan materi-materi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selanjutnya di harapkan kepada masyarakat yang daerahnya menjadi lokasi TMMD agar berpartisipasi secara aktif dan mendukung sepenuhnya selama pelaksanaan TMMD. Sehingga tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal, serta hasilnya dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan kita bersama.

“Sedangkan kepada instansi yang memiliki keterkaitan program dengan TMMD, saya minta untuk dapat melaksanakan kegiatan secara sinergis dan terpadu. Sehingga hasil dari kegiatan ini nantinya dapat benar-benar maksimal, dalam kerangka mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat”, ungkapnya.

Terpisah, Dandim 0708 Purworejo, Letkol Inf Lukman Hakim menegaskan, bahwa TMMD yang merupakan bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat (AD) untuk membangun bangsa dan negara secara berkesinambungan harus terus dilanjutkan.

Dalam Kegiatan TMMD, Strategi Pemberdayaan Masyarakat harus tercermin, tujuan dan sasarannya harus dipahami, dan manfaatnya harus dirasakan oleh masyarakat untuk memperkuat dan mengembangkan potensi masyarakat.

“Pada TMMD di Desa Kalijering ini kita akan membangun jalan rabat beton dengan panjang 1.084 meter dan lebar 2,1 meter. Saya mohon doa dan dukungan dari semua komponen, agar kita bisa melaksanakan kegiatan dengan lancar sehingga akan membawa kemanfaatan yang nyata bagi masyarakat Desa Kalijering khususnya,” harapnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya