SUARA INDONESIA

Antisipasi Banjir, BPBD Tabalong Pantau Wilayah Rawan Banjir

- 15 September 2021 | 16:09
Peristiwa Daerah Antisipasi Banjir, BPBD Tabalong Pantau Wilayah Rawan Banjir

TABALONG - September yang diwarnai dengan naiknya intensitas hujan, membuat Tim BPBD Tabalong turun kelapangan untuk memantau kondisi daerah rawan banjir di Kabupaten Tabalong untuk mengantisipasinya banjir, Rabu (15/9/2021).

Kepala BPBD Tabalong, Zainuddin mengatakan, dalam pemantauan ini pihaknya mendapatkan informasi dari laporan masyarakat, dan mengingat kondisi yang biasanya banjir sering terjadi setiap tahunnya.

"Biasanya ditempat kita saat musim penghujan hujan, bisanya ada titik titik yang memang rawan dengan bencana banjir. Maka dari itu, rekan-rekan kita turun mengecek kelapangan langsung," kata Zainuddin.

Lalu, ia mengucapkan status debit air sungai yang ada di Kabupaten Tabalong saat ini masih terbilang cukup normal saja. 

"Sementara, air disungai kita masih terpantau normal. Tapi, kita belum tahu kedepannya apakah ada air kiriman didaerah lain. Namun, kita akan menunggu untuk beberapa jam dulu setelah hujan mereda, baru nantinya akan terlihat debit air menaik atau normal," ucapnya. 

Ia juga menyebutkan, pemantauan daerah rawan banjir dari BPBD Tabalong dilakukan di beberapa tempat yang memang sering dilanda banjir.

"Yang hari ini tadi, mereka mengecek di daerah Kecamaran Upau tepatnya di Desa Kaong dan di Desa Masingai," sebutnya.

Kemudian lanjutnya, untuk langkah untuk mengantisipasi terjadinya banjir ini, pihaknya sudah menyiapkan peralatan yang sangat penting dipergunakan untuk kondisi banjir.

"Untuk antisipasi ini kita sudah menyiapkan perlengkapan seperti 2 buah perahu karet dari BPBD, maupun dari Basarnas 2 buah, yang memang kegiatan mereka banyak berhubungan dengan air. Jadi kami BPBD Tabalong bekerjasama dengan Basarnas akan siap menghadapi jika kemungkinan terjadinya banjir," lanjutnya.

Dalam hal terkait bencana alam ini pun, Zainuddin menuturkan, pihak BPBD Tabalong telah berkoordinasi dengan pihak UPBS dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tabalong.

"Alhamdulillah, selama ini koordinasi kita bagus, dan komunikasi kita juga bagus. Sebab, setiap bulan pun mereka jika ada yang diperlukan pasti akan ada koordinasi dengan kita," tuturnya. (Muhammad Khairil)

Pewarta :
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV