SUARA INDONESIA

Dua BUMD Purworejo Raih Top BUMD Award 2021

Widiarto - 15 September 2021 | 17:09
Peristiwa Daerah Dua BUMD Purworejo Raih Top BUMD Award 2021

PURWOREJO - Dua BUMD Purworejo, Jawa Tengah, yaitu Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Purworejo dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Perwitasari Purworejo, mendapat penghargaan dalam ajang Top BUMD Award 2021 yang diselenggarakan oleh majalah Top Business.  

Kedua BUMD itu meraih penghargaan Top BUMD Award 2021 Bintang 4 dan Top CEO BUMD 2021. Penghargaan juga diberikan kepada Bupati Purworejo Agus Bastian, yang meraih Top Pembina BUMD 2021.

Penghargaan diberikan oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta lembaga Tim Penilai lainya, di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, pada Jumat (10/9/2021).

"Bank Purworejo telah sepuluh kali berturut-turut meraih penghargaan dalam ajang Top BUMD Awards yang diselenggarakan oleh majalah Top Business ini. Penghargaan ini bisa diraih oleh karena Bank Purworejo telah berhasil bertahan dalam pemberlakuan relaksasi serta tidak mengalami kerugian dalam masa pandemi Covid-19," kata Wahyu Argono Irawanto, selaku Dirut Bank Purworejo saat ditemui dikantornya, pada Rabu (15/9/2021). 

Dijelaskan, materi penilaian disampaikan melalui presentasi, meliputi visi misi, aktivitas usaha, strategi bisnis secara umum, pencapaian atas target kinerjanya, survey kepuasan pelanggan, terobosan, inovasi, dan prestasi bidang pemasaran atau layanan pelanggan. Juga, keselarasan sistem manajemen SDM dengan strategi bisnis, upaya untuk meningkatkan kompetensi SDM, penilaian kepuasan karyawan, terobosan, inovasi bidang human capital, sistem manajemen kinerja, penilaian GCG (Good Corporate Governance), teknologi informasi, inovasi bisnis, serta penjelasan manfaat perbaikan sistem atau inovasi.

Dalam Top BUMD Awards 2021 ini, diikuti oleh 182 BUMD finalis dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia.

"Sebagai lembaga keuangan, untuk bertahan pada masa pandemi merupakan tantangan tersendiri. Dengan banyaknya nasabah yang kesulitan menjalankan roda bisnisnya, kami melakukan upaya relaksasi, yaitu dalam bentuk keringanan untuk mengangsur, keringanan untuk menunda pembayaran dan menurunkan suku bunga," jelasnya.

Dengan adanya relaksasi tersebut, sangat berdampak kepada keuntungan pihak Bank Purworejo. Terjadi penurunan keuntungan hingga 37 persen semenjak adanya pandemi Covid-19 dan diberlakukannya kebijakan relaksasi oleh pemerintah. 

Namun begitu, pihaknya masih bisa mengatasi penurunan keuntungan tersebut dengan berbagai upaya. Hingga saat ini, dengan banyaknya upaya tersebur situasi keuangan masih terkendali dan tidak ada pengurangan gaji karyawan.

"Jadi upaya-upaya itulah yang kemarin menonjol pada Bank Purworejo sehingga bisa meraih penghargaan," sebutnya.

Terpisah, Direktur PDAM Perwitasari Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo, mengaku senang dengan keberhasilan dirinya meraih penghargaan itu. Dengan penghargaan itu,  PDAM Purworejo masih tetap mempertahankan kinerja dan prestasi nya. 

Penilaian meliputi berkinerja baik, banyak melakukan improvement dan inovasi perbaikan, telah berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, dan memiliki Strategi dan inovasi di masa pandemi Covid-19 agar bisnis tetap tumbuh berkelanjutan.

"Ada peningkatan 12 persen dibanding 2020,  yaitu sebanyak 163 BUMD. Dari jumlah tersebut, sebanyak 172 BUMD yang mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk wawancara penjurian, atau meningkat sebesar 44 persen dari 2020," katanya.

Dengan mendapatkan apresiasi TOP BUMD Award 2021, PDAM Purworejo menjadi semakin tertantang untuk terus meningkatkan kinerja dan layanannya untuk membangun daerah sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi covid 19 dan normal baru. 

"Dengan penghargaan ini membuat kita terus tertantang dan berusaha memperbaiki dan terus memperbaiki kinerja pelayanan perusahaan dan terus bertekad menaikan pendapatan daerah setia tahun," ujar Wahyu yang merupakan alumni Institut Teknologi Bandung.

Pihaknya berharap pandemi segera berakhir dan situasi kembali normal seperti semula. 

"Penghargaan ini untuk memacu kinerja kita untuk menuju ke yang lebih baik, meningkatkan pelayanan dan membantu daerah. Jadi kita bukan semata-mata mengejar penghargaan,” pungkasnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV