SUARA INDONESIA

Komunitas Honda PCX Banyuwangi Tampil Keren Saat Touring

Yuni Amalia - 16 September 2021 | 12:09 - Dibaca 2.44k kali
Peristiwa Daerah Komunitas Honda PCX Banyuwangi Tampil Keren Saat Touring
Honda PCX, lahirlah Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Banyuwangi.

BANYUWANGI- Berawal dari sekelompok penggemar Honda PCX yang punya semangat, gagasan dan harapan akan terwujudnya klub yang mewadahi para pencinta Honda PCX, lahirlah Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Banyuwangi. 

Ketua Komunitas HPCI Banyuwangi Ardi Pratama menjelaskan, club Honda PCX Banyuwangi resmi berdiri pada 16 Februari 2019 dengan jumlah anggota 27 orang. Seiring semakin banyaknya pengguna Honda PCX ini pihaknya yakin jumlah anggota akan semakin banyak, karena HPCI memiliki visi dan misi menjaga tali persaudaraan antar sesama club otomotif khususnya dan masyarakat pada umumnya. 

“Keberadaan komunitas HPCI ini sekaligus untuk mengubah citra negatif tentang komunitas motor yang telah melekat di masyarakat untuk menjadikan HPCI Banyuwangi sebagai club motor yang bersifat positif berorentasi pada sikap saling peduli dan membantu,” kata Ardi. 

Ardi menjelaskan, selama ini HPCI Banyuwangi sudah melakukan beragam kegiatan sosial, diantaranya sunmory, bakti sosial, touring culturide (wisata budaya).

“Anggota HPCI Banyuwangi sangat menikmati berada di komunitas ini,” kata Ardi.

Diakui, selama touring menggunakan Honda PCX 160 sangat nyaman, bagasi extra besar bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beragam barang, selain itu perjalanan touring yang membutuhkan waktu lama mengharuskan kita untuk menyiapkan baterai handphone yang mencukupi, namun di Honda PCX ini kita tidak perlu khawatir sebab sudah ada power charger, jadi tidak pengendara tidak perlu bingung jika handphone mengalami lowbat. 

Honda PCX 160 ini, kata Ardi, memiliki karakter suspensi yang sangat cocok untuk dibawa di daerah yang punya banyak tikungan alias jalanan berkelok-kelok, tikungan standar, sampai yang agak patah pun masih bisa dengan mudah dilibas tanpa harus kesusahan atau mental-mentul.

“Begitu pula setelah nikung, diajak nikung dengan arah sebaliknya pun masih nurut. Dengan dimensi besar, saya rasanya handlingnya sudah sangat mantap,” ujar Ardi. (*)

Kelebihan Honda PCX 160

Desain Kian Mewah

Desain baru yang mengusung konsep 'Personal Comfort Saloon'. Tampilannya merupakan kombinasi dari kemewahan dengan personalisasi. Identitas sebagai skutik premium terlihat jelas saat pertama kali melihatnya. 

Performa Meningkat

All New Honda PCX 160 gendong mesin generasi terbaru dengan teknologi bernama Enhanced Smart Power plus (eSP+). Kapasitasnya meningkat, dari sebelumnya 149 cc menjadi 157 cc. Di atas kertas, dirinya bisa melontarkan daya sebesar 16 Hp di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Angka itu tentu saja mampu meninggalkan pesaing terberatnya, All New NMax 155. Yang punya tenaga 15,1 hp / 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm / 6.500 rpm.

Posisi Berkendara Rileks

Sejak pertama kali dirilis hingga saat ini, PCX series memang menawarkan posisi berkendara rileks. 

Pertama duduk di atasnya, ergonomi PCX generasi baru tak beda jauh versi sebelumnya. Tetap menyajikan posisi riding santai. Jarak setang pas, tidak terlalu jauh atau dekat. Jangkauannya berikan kenyamanan tersendiri. Kombinasi segitiga berkendara antara bokong, kaki dan tangan membuat pengendaranya rileks.

Stabilitas Macam Skutik Eropa

Stabilitas yang ditawarkan patut diacungi jempol. Hal itu terasa karena PCX 160 pakai roda belang alias beda ukuran. Depan 14 inci dan belakang 13 inci. Macam skutik yang beredar di Eropa. Bukan tanpa sebab, ukuran roda belakang lebih kecil diciptakan agar mendapat traksi lebih baik. 

Keamanan Berkendara

All New PCX 160 disematkan HSCT atau Honda Selectable Torque Control. Fitur ini bisa mencegah roda selip akibat jalan licin atau kondisi saat hujan. Menariknya, teknologi ini bisa dinonaktifkan. Tinggal setel di bagian panel instrumen.

Pencet tombol mode hingga muncul tulisan HSCT, kemudian tekan select 3 detik untuk menyalakan-menonaktifkan. Hadirnya HSCT juga memungkinkan PCX 160 untuk tetap bisa keluar dari jebakan lumpur atau pasir jika roda selip, lantaran putaran roda tidak dilimitasi. Sungguh skutik revolusioner.

Fitur Modern

Selain sistem pencahayaan yang sudah full LED, PCX 160 juga dibekali dengan beragam fitur modern. Kini panel instrumen terlihat lebih fresh. Isinya fundamental, ada speedometer, jam digital, petunjuk bahan bakar, odometer dan beberapa indikator penting. Buat tipe tertinggi ada tambahan indikator HSTC (Honda Selectable Torque Control) dan ABS (Anti-Lock Braking System).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV