SUARA INDONESIA

Distan Gagaskan Ide Kebun Buah Asli Tabalong, 15 Buah Endemik Sudah Tersertifikasi

Magang - 16 September 2021 | 15:09 - Dibaca 1.70k kali
Peristiwa Daerah Distan Gagaskan Ide Kebun Buah Asli Tabalong, 15 Buah Endemik Sudah Tersertifikasi
Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, Syam'ani

TABALONG - Dalam mengatasi kepunahan buah endemik asli Kabupaten Tabalong, Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong menggagaskan sebuah ide untuk membuat kebun koleksi buah sebagai lumbung sumber data genetik lokal untuk melindungi buah-buahan asli Tabalong.

Kabupaten Tabalong dikenal sebagai daerah yang memiliki keaneka ragaman jenis buah-buahan endemik yang hanya ada di Tabalong seperti, Buah Gantar bumi uya, kamundai kuning, layung burum dan lainnya.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, Syam'ani mengatakan, dikarenakan dengan adanya aktifitas pembukaan lahan untuk berbagai keperluan yang membuat tumbuhan penghasil buah pun ikut hilang, Kamis (16/9/2021) di Kantor Dinas Pertanian Tabalong, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong.

"Maka dengan kekhawatiran itu, dalam rangka kita melindungi dan melestarikan tanaman buah, khususnya yang spesies endemik itu. Itu yang menjadi pertimbangan utama kita akan membangun kebun koleksi tanaman buah ini," katanya.

Kemudian, Syam'ani mengungkapkan, pihaknya masih melakukan tahap survey wilayah atau tempat yang sekiranya pas untuk dibangunnya Kebun Koleksi Tanaman Buah ini.

"Saat ini masih dalam tahapan identifikasi juga untuk lokasinya, nanti di tahun 2022, insyaallah sudah ditentukan lokasinya. Kemudian kita sudah menyiapkan master plannya di tahun 2022 itu," ungkapnya.

Lalu, jika di anggaran perubahan nantinya sudah ditentukan lokasinya, dan lokasinya milik pemerintah serta sudah dibebaskan, maka nantinya lokasi kebun koleksi buah Kabupaten Tabalong akan segera dibangun.

"Kalau misalnya itu sudah dibebaskan, atau sudah itu milik pemerintah, mudah-mudahan sudah bisa di Reclearing. Tahun 2023 target kita sudah mulai ada kegiatan dilokasi yang ditentukan," tandasnya.

Dalam hal ini pun, jika nantinya kebun koleksi buah asli Tabalong ini sudah dibangun, lokasi tersebut nantinya dapat digunakan untuk berbagai kegiatan. 

"Nanti arahnya dilokasi itu akan berguna untuk, objek penelitian, sarana edukasi, dan tempat wisata juga bisa dijadikan disana nantinya. Kemudian disitu juga akan kita jadikan sebagai ikon dari buah Kabupaten Tabalong," tukasnya.

Dalam rangka pelestarian buah-buahan endemik ini pun, pihaknya sudah mensertifiksikan varietas genetik dari buah-buahan yang ada di Kabupaten Tabalong. 

"Dalam merintis pelestarian sumber daya gentik ini kita sudah melakukan sertifikasi varietas tanaman buah yang memang endemik atau langka dari Kabupaten Tabalong," ucapnya.

Varietas dari buah-buahan yang telah di sertifikasi tersebut diantaranya, Layung Burum, Layung Pujung, Likol Santuun, Gantar Bumi Uya, Taradak Uya, Kemundai Kuning, Kemundai Merah, Likol Kuning Santuun, Likol Burum, Pempakin Merah, Siduduk, Palawa, Likol Nunding, Jukung Laburan, dan Mungkur Laburan. 

Syam'ani berharap, dengan digarapnya kebun buah asli Tabalong ini, dapat lebih menjaga dan lebih melestarikan hasil kekayaan dari Bumi Sarabakawa ini.

"Dan juga supaya orang yang lebih muda dari kita, anak-anak muda di Tabalong nantinya dapat melihat dan merasakan buah-buahan endemik asli Kabupaten Tabalong ini. Tidak hanya mendengar namanya saja," pungkasnya. (Muhammad Khairil)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Magang
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV