SUARA INDONESIA

Festival Kelimutu di Ende, Sejumlah Kuliner Daerah Dipamerkan

- 18 September 2021 | 11:09
Peristiwa Daerah Festival Kelimutu di Ende, Sejumlah Kuliner Daerah Dipamerkan

ENDE - Aneka kuliner ditampilkan pada festival Festival Kelimutu, di Kabupaten Ende, Provinsi NTT, Rabu (15/9/2021) hingga, Jumat (17/9/2021) di dua tempat masing-masing di Pelataran Parkiran Kawasan Danau Kelimutu dan Museum Tenun Ikat, Jalan Soekarno, Kota Ende.

Selain kuliner juga ditampilkan music dan tarian etnis Ende.

Sesuai dengan pantuan adapun kuliner yang ditampilkan oleh para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Ende seperti kripik yang terbuat dari singkong maupun pisang serta kopi juga makanan dari sorgum.

Bupati Ende, Djafar Achmad dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten 2 Setda Ende, Derson Duka, Jumat malam (17/9/2021) pada acara penutupan festival di halaman museum tenun ikat mengatakan penyelenggaraan Festival Kelimutu yang telah dilaksanakan dengan menampilkan beragam budaya dan kuliner dari wilayah diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Ende.

Dikatakan penyelenggaraan Festival Kelimutu yang juga dilaksanakan secara virtual tentunya menjadi salah satu ajang promosi bagi semua potensi pariwisata yang ada di kabupaten Ende semakin dikenal luas oleh masyarakat dunia.

"Kebersamaan dalam kegiatan Festival Kelimutu ini adalah sebuah momentum strategis guna menyatukan pandangan, memantapkan tekad dari sisi penguatan publisitas, penguatan jejaring dalam konteks membangun Destinasi Wisata Ende yang berkelanjutan dalam konteks pembangunan kepariwisataan Regional Provinsi NTT secara menyeluruh," ujar Bupati Djafar. 

Oleh karena itu lanjutnya, harus dipahami bersama bahwa pembangunan sektor pariwisata menjadi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat di wilayah ini sesuai peran yang diemban, sehingga dari waktu ke waktu sektor pariwisata semakin mendunia dan ini tentunya akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi kabupaten Ende.

"Pemda Ende memberikan dukungan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Propinsi NTT, Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Balai Taman Nasional Kelimutu dan Perkumpulan Pelaku Pariwisata Moni Kelimutu (P3MK), yang memiliki rasa tanggung jawab dalam melakukan event promosi pariwisata tahunan ini," katanya.

Event promosi ini juga memberi pertanda bahwa kebersamaan adalah sebuah kekuatan dalam melakukan beberapa hal yang bermanfaat bagi pencitraan destinasi dan pemberdayaan masyarakat,ujar Bupati Djafar. (pius) 


Foto, Aneka Kuliner khas Ende yang ditampilkan pada saat Festival Kelimutu, Jumat (17/9/2021).

Pewarta :
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV