SUARA INDONESIA

Hanan Attaki: Hikmah Ujian Dalam Kehidupan

Wilda Natasya - 18 September 2021 | 11:09
Peristiwa Daerah Hanan Attaki: Hikmah Ujian Dalam Kehidupan

JEMBER- Setiap muslim dalam kehidupannya pastilah selalu dihadapkan dengan berbagai macam ujian, baik berbau dunia maupun akhirat. 

Dikutip oleh suaraindonesia.co.id dari kanal You Tube Hanan Attaki, ia menyampaikan bahwa sesungguhnya setiap muslim diuji dalam dua keaadaan. Hal tersebut adalah kesulitan dan kenikmatan. 

"Orang yang beriman tidak akan pernah merasa rugi, karena hidup kita selalu ada diantara dua itu. Ada ujian dan nikmat," jelas Ustaz Hanan Attaki. 

Dijelaskannya, setiap manusia tentunya diberikan ujian dengan takaran dan varian yang berbeda. Hal tersebut juga sudah tertuang jelas dalam Quran Surat Al-Baqarah Ayat 214, yang menyebutkan tiga jenis ujian dari Allah SWT. 

"Allah menyebutkan dalam Surat Al-Baqarah ada tiga macam ujian, ujian fisik, harta seperti karir atau pekerjaan dan perasaan," jelasnya. 

Dalam ujian fisik manusia diuji dengan kesehatan jasmani, kesempurnaan bentuk tubuh maupun kekurangannya. 

Sementara dalam ujian harta manusia diuji dengan karir, kerjaan maupun usaha atau bisnisnya, dan dalam ujian perasaan manusia diuji dengan keberadaan maupun kehilangan orang-orang yang disayang. 

Pada dasarnya seorang muslim yang ideal, saat dihadapkan dengan ujian tersebut maka akan timbul dalam dirinya keinginan untuk bersabar dan bersyukur. 

Karena Allah SWT telah menjanjikan banyak kebaikan bagi hambanya yang senantiasa bersabar, saat dihadapkan pada sebuah ujian atau keterpurukan. Selain itu, juga mereka yang selalu bersyukur di kala mendapatkan ujian berupa nikmat. 

"Kalau diuji dia bersabar, itu kebaikan untuk dia dan kalau diberi nikmat dia bersyukur itu juga kebaikan untuknya, karena Allah akan menambahkan nikmat bagi orang yang bersyukur," tutupnya. 

Tak hanya kebaikan sabar dan syukur yang dapat dipetik dalam sebuah ujian. Namun, Allah SWT, tentunya telah menitipkan banyak hikmah atau pelajaran berharga dalam setiap ujian yang diberikan. (Ree/Will)

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV