SUARA INDONESIA

Tingkatkan Kesadaran Perilaku Hidup Sehat, 5 Ponpes di Purworejo Jadi Kader Penanganan TBC

Widiarto - 20 September 2021 | 14:09 - Dibaca 924 kali
Peristiwa Daerah Tingkatkan Kesadaran Perilaku Hidup Sehat, 5 Ponpes di Purworejo Jadi Kader Penanganan TBC
Suasana kegiatan Lokakarya Program Pemberdayaan Santri Kader Tuberkulosis terhadap Perilaku Santri dalam Pencegahan TBC di Pesantren yang diselenggarakan di PP Al-Istiqomah Kelurahan Semawung Kembaran, Kutoarjo, pada Senin (20/09/2021).

PURWOREJO - Lima pondok pesantren di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, didorong menjadi kader penanganan penyakit menular tuberkulosis (TBC) di pesantren. Hal itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pesantren terhadap perilaku hidup sehat di pesantren.

Lima pondok pesantren tersebut yakni PP Al Istiqomah Semawung Kembaran Kutoarjo, PP Luklu'il Quran Walmaknun Senepo Kutoarjo, PP Mazratul Ulum Sutoragan Kemiri, PP Darul Quran Butuh, PP Asnal Matholib Wareng Butuh.

Hal itu terungkap dalam kegiatan Lokakarya Program Pemberdayaan Santri Kader Tuberkulosis terhadap Perilaku Santri dalam Pencegahan TBC di Pesantren yang diselenggarakan di PP Al-Istiqomah Kelurahan Semawung Kembaran, Kutoarjo, pada Senin (20/09/2021).

Dalam kegiatan tersebut diikuti perwakilan lima pesantren dan didampingi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dan Puskesmas.

Pengurus Yayasan Jaringan Pesantren Nusantara (Jannur), Nanang Hari Sudibyo selaku penyelenggara kegiatan mengatakan, pesantren sudah semestinya mendapatkan perhatian pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan warga pesantren.

"Warga pesantren berhak atas layanan dan pendampingan kesehatan dari pemerintah," katanya.

Lanjutnya, isu penanganan TBC dipilih karena penyakit ini sangat berbahaya dan berpotensi terjadi penyebaran di pesantren. Terlebih pesantren merupakan kawasan yang padat penduduk dimana dalam satu kawasan pesantren terdapat puluhan, ratusan atau bahkan ribuan santri.

"Melalui lokakarya ini diharapkan pesantren di Purworejo mulai menjalin komunikasi dengan Puskesmas atau Dinas Kesehatan untuk bersama-sama menanggulangi penyakit TBC," ungkapnya.

Sementara itu, Perwakilan Puskesmas Winong Kemiri, Imam Bukhori saat memaparkan materi mengungkapkan, sosialisasi dan penanganan TBC harus dilakukan ditengah situasi pandemi covid-19. Peserta yang ikut dalam kegiatan lokakarya akan menjadi kader penanganan TBC di pesantren.

"Kader TB di pesantren sangat dibutuhkan untuk mendeteksi dan menanganai penyebaran TBC," tandasnya.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari yakni tanggal 20 hingga 21 September 2021 tanpa menginap di lokasi dan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Untuk materi yang diberikan yakni peran pesantren dalam penanganan TBC, survei mawas diri, musyawarah masyarakat pesantren dan dilanjutkan praktik kerja lapangan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV