SUARA INDONESIA

Luas Lahan Sawah di Kabupaten Tuban Bertambah 19.171 Hektar

Irqam - 22 September 2021 | 13:09
Peristiwa Daerah Luas Lahan Sawah di Kabupaten Tuban Bertambah 19.171 Hektar

TUBAN - Dinas Pertanian dan Pertahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tuban mencatat luas lahan sawah pada 2020 bertambah jika dibandingkan tahun 2019.

Tercatat pada tahun 2019 luas lahan sawah 56.439 hektar, sedangkan pada tahun 2020 luas lahan sawah 75.610 hektar.

"Pada tahun ini ada kenaikan luas lahan sawah di Tuban sekitar 19.171 hektar dibandingkan tahun lalu," kata Subrihandoyo Kepala Seksi (Kasi) Produksi Bidang Tanaman Pangan DPKP Tuban, Rabu (22/9/2021).

Subhrihandoyo mengungkapkan, bahwa penambahan luas lahan sawah yang signifikan tersebut terjadi setelah dilakukan verifikasi dan penetapan luas Lahan Baku Sawah (LBS) oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tahun 2019.

Kemudian Pemkab Tuban menetapkan sebagai Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan (KP2B) dalam revisi RTRW Tuban dan sudah disahkan dalam Perda Nomor 17 Tahun 2020. 

Selain itu, pendataan yang berbasis digitasi atau hasil citra satelit juga mempengaruhi tambahnya luas lahan sawah di Tuban. Karena sebelumnya pendataan hanya dilakukan secara manual.

"Dan juga lahan sawah yang belum terdata lebih besar dari pada lahan sawah yang mengalami alih fungsi. Terakhir karena lahan tegalan di beberapa wilayah sekarang sudah ada sistem irigasi pompa, contoh di Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, dulunya tegalan sekarang jadi sawah karena ada pengairannya dari sumur bor," ungkapnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas lahan pertanian, DPKP Tuban memberikan program-program bantuan alat dan mesin pertanian serta pembangunan infrastruktur pertanian. Program itu diharapkan bisa meningkatkan indeks pertanaman, misalnya biasanya hanya bisa tanam dua kali bisa tiga kali.

“Dalam rangka mendukung peningkatan produksi pertanian, sumber daya air menjadi sangat penting dan strategis, sehingga pengelolaan sumber daya air perlu terus dikembangkan terutama untuk optimalisasi lahan kering sebagai potensi perluasan areal tanam,” pungkasnya.

Pewarta : Irqam
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV