SUARA INDONESIA

Tenangkan Hati Hadapi Polemik Tambang Quarry, Warga Desa Wadas Gelar Istighosah

Widiarto - 24 September 2021 | 22:09
Peristiwa Daerah Tenangkan Hati Hadapi Polemik Tambang Quarry, Warga Desa Wadas Gelar Istighosah

PURWOREJO - Ratusan masyarakat Desa Wadas Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yang pro dengan pertambangan batu quarry di Desa Wadas, menggelar istighosah bersama di pasar Joho ikut Desa Cacaban Kidul Kecamatan Bener, pada Jumat (24/9/2021) sore.

Istighosah atau mujahadah atau doa bersama digelar sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar masyarakat di desa Wadas dan desa sekitar diberikan keselamatan dan kebaikan atas rencana pemerintah untuk mengambil batu quarry di desa itu sebagai bahan material pembangunan mega proyek bendungan Bener.

Hadir dalam acara istihosah itu sejumlah tokoh NU Kecamatan Bener dan warga pro pertambangan di Desa Wadas dan Desa sekitar.

Korlap Wadas Cerdas, Jamil Rozi menyampaikan, warga menggelar istighosah lantaran mengalami keresahan dengan adanya gejolak yang terjadi di Desa Wadas, yaitu antara warga yang pro dan yang kontra.

"Bahwa acara ini di lakukan karena warga Desa Wadas mengalami keresahan dengan adanya orang penolak rencana tambang, warga yang pro prihatin dan mengalami keresahan berkepanjangan, maka dari itu hari ini kita agendakan untuk mujahadah atau Istihosah," ujarnya.

Istihosah atau mujahadah itu, lanjutnya, dilaksanakan dengan harapan warga Desa menjadi adem hatinya, tenang dalam pemikiran serta tindakanya dalam menghadapi situasi yang saat ini terjadi saat ini.

"Harapan kami  ke depan, semoga dengan adanya pengambilan tanah quarry ini bisa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Desa Wadas," harapnya.

Ketua Rois syuriah MWC Kecamatan Bener H Rofik menyampaikan, terkait atribut NU yang pernah di bawa-bawa dalam aksi penolakan tanah quarry di Semarang, bukan tanggung jawab NU.

"Bahwa PCNU Kecamatan Bener tidak ada kebijakan untuk menolak dengan adanya bendung Bener, bahkan kami sebagai pengurus NU, selalu mendukung program pemerintah dalam hal ini pembangunan bendung Bener," jelasnya.

Dalam kegiatan istighosah itu, warga pro tambang quarry juga menggelar deklarasi dukungan terhadap pemerintah dalam rencana pengambilan batu quarry di Desa Wadas.



 

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV