SUARA INDONESIA

Panen Melimpah, Bulog Banyuwangi Serap 17 Ribu Ton Beras Petani

Muhammad Nurul Yaqin - 27 September 2021 | 13:09 - Dibaca 814 kali
Peristiwa Daerah Panen Melimpah, Bulog Banyuwangi Serap 17 Ribu Ton Beras Petani
Stok beras di Gudang Bulog Banyuwangi. (Foto: Dokumen suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI- Panen raya musim kedua di Banyuwangi tahun ini masih berlangsung, penyerapan hasil pertanian juga terus dilakukan Perum Bulog Cabang setempat hingga sekarang.

Kepala Bulog Sub Divre Banyuwangi Jusri Pakke mengatakan, penyerapan beras petani yang sudah dilakukan Bulog mulai Januari hingga September 2021 telah mencapai 17 ribu ton.

Tahun ini Bulog Banyuwangi melakukan penyerapan besar-besaran, dari 17 ribu ton beras yang diserap mengalami peningkatan sebesar 120 persen dari hasil penyerapan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun lalu dan sebelum pandemi kita hanya menyerap 8 ribu ton, tahun ini kita tingkatkan dan sampai di bulan September saja penyerapan kita sudah mencapai 17 ribu ton," terang Jusri saat dikonfirmasi, Senin (27/9/2021).

Jusri menjelaskan, tingginya penyerapan hasil pertanian dikarenakan kualitas gabah petani yang dihasilkan tahun ini baik dan melimpah.

"Itu karena pola tanam yang berubah, kondisi cuaca tahun ini juga baik, dan banyak petani mitra kami yang menjual hasil pertaniannya ke Bulog, sehingga penyerapan kita tinggi," terangnya.

Jusri menyebut, untuk harga pembelian beras kualitas medium, Bulog memasang harga Rp 8.300 per kilogram. Sesuai harga yang ditetapkan pemerintah.

Sementara untuk beras kualitas premium yang akan dipasok ke pasar komersial dibeli mulai dari harga Rp 9.300 hingga Rp 9.500, tergantung kualitas dan penawaran.

"Secara umum stok pangan kita cukup sampai tahun depan, karena ada sekitar 22 ribu ton serapan tahun lalu hingga sekarang," bebernya.

Bulog berkomitmen akan terus menjaga stok pangan, tidak hanya di tingkat regional, namun juga nasional. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV