SUARA INDONESIA

PKM UM Purworejo Bantu Lampu Panel Surya di Gunung Buthak

Widiarto - 29 September 2021 | 17:09
Peristiwa Daerah PKM UM Purworejo Bantu Lampu Panel Surya di Gunung Buthak

PURWOREJO - Dalam rangka untuk mendukung pembangunan Rintisan Obyek Wisata Gunung Buthak yang terletak di Desa Tlogokotes, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Tim Dosen Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif (PTO) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UM Purworejo), memasang lampu panel surya atau lampu listrik tenaga surya di beberapa titik di Kawasan Obyek Wisata Gunung Buthak, Desa Tlogokotes.

Pemasangan lampu panel surya tadi, sebelumnya didahului dengan penandatanganan MoU antara pihak Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan Pemerintah Desa Tlogokotes, pada tanggal 23 September 2021 lalu di balai desa setempat. Kegiatan tersebut dikemas dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purworejo.

"Pemasangan 5 titik lampu panel surya tersebut di pasang di beberapa titik, seperti di pintu masuk, area parkir, area Watu Bolong dan Puncak Gunung Buthak," ungkap Aci Primartadi, selaku Tim Dosen Prodi Pendidikan Teknik Otomotif UMP, kepada kontributor suaraindonesia.co.id, pada Rabu (29/9/2021).

Pengerjaan pemasangan lampu dilakukan dalam 2 hari kerja. Selain melibatkan mahasiswa dan Dosen Universitas Muhammadiyah Purworejo juga turut membantu warga masyarakat setempat serta anggota Pokdarwis Argojoyo Tlogokotes.

Menurutnya, kerjasama tersebut dilakukan dalam rangka membantu rintisan desa wisata Gunung Buthak, dan menjadi salah satu kegiatan UM Purworejo dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka Kemendikbudristek.

"Pengembangan ke depan, kami juga akan memberikan bantuan sarana prasarana kebersihan dan informasi publik dalam memberikan informasi wisata di
Gunung Buthak dengan membuat website gunungbuthak.com, sehingga ekosistem wisata lokal dan alam akan hadir menambah obyek wisata di Purworejo," ujarnya.

Pihaknya berharap, bantuan alat sel surya, website gunungbuthak.com dan sarana kebersihan ini dapat membantu kenyamanan wisatawan dalam menikmati alam Gunung Buthak.

Ketua Pokdarwis Argojoyo Desa Tlogokotes, Wahyu Nur Wibowo mengaku senang dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Tim Dosen Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif (PTO) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UM Purworejo). Lampu dan tambahan sarana prasarana itu akan menambah melengkapi fasilitas yang ada di obyek wisata alam Gunung Buthak.

"Sejumlah gasebo telah berhasil kita bangun, melengkapi obyek wisata, rencana kedepan kita akan menyelesaikan akses jalan menuju puncak Gunung Buthak, dengan harapan kedepan wisatawan bisa dengan mudah bisa datang dan mengunjungi obyek wisata Gunung Buthak, menikmati fasilitas dan keindahan alam yang disuguhkan," pungkasnya.


 

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV