SUARA INDONESIA

Hari Kesaktian Pancasila, Komandan Kodim Madiun Ajak Amalkan Pancasila

Prabasonta - 01 October 2021 | 20:10 - Dibaca 1.54k kali
Peristiwa Daerah Hari Kesaktian Pancasila, Komandan Kodim Madiun Ajak Amalkan Pancasila
Sejumlah pejabat forkopimda kabupaten Madiun saat berfoto di depan patung monumen keganasan PKI

Madiun – Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 di Kabupaten Madiun digelar secara virtual yang bertempat di Monumen Kresek, Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

Sedangkan upacara peringatannya sendiri diselenggarakan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (01/10/2021). Dalam kesempatan tersebut Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo bertindak sebagai Irup.

Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Inf Edwin Charles yang hadir dalam Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila saat ditemui mengatakan, hari ini dikenal dengan Hari Kesaktian Pancasila. Dimana Monumen Kresek merupakan monumen bersejarah sebagai saksi atas peristiwa  keganasan PKI pada tahun 1948 di Madiun. Monumen ini juga menggambarkan perjalanan sejarah Bangsa Indonesia yang berhasil mempertahankan Ideologinya. 

"Hari ini harus tetap diingat sebagai cermin bagi kita semua khususnya generasi muda dalam menapaki kehidupan berbangsa dan bernegara, agar sejarah kelam tidak berulang dimasa mendatang," terangnya.

Lebih lanjut Dandim berpesan agar melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila, dapat dimaknai bersama untuk menjaga keutuhan bangsa ini dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

"Terlebih bagi generasi muda yang memiliki peran penting dan strategis dalam melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa, maka generasi muda harus benar-benar memahami sejarah bangsa, memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila," tutur Dandim.(*) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Prabasonta
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV