SUARA INDONESIA

Susilowati Ajak Pelajar di Ponorogo Melestarikan Bathik

Andre Prisna - 02 October 2021 | 12:10
Peristiwa Daerah Susilowati Ajak Pelajar di Ponorogo Melestarikan Bathik

PONOROGO - Istri Bupati Ponorogo, Susilowati Sancoko mengajak para pelajar untuk tetap melestarikan dan membudayakan bathik.

Susilowati (panggilan akrabnya) mengatakan, di momentum peringatan hari bathik Nasional ini, pihaknya mengajak para pelajar untuk nguri-uri melalui lomba desain bathik.

"Ponorogo memiliki khas bathik dan destinasi pariwisata. Untuk itu, momentum ini guna melestarikan ketrampilan memoles bathik," ujarnya yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Ponorogo.

Lomba desain bathik ini diikuti 20 SMA, SMK dan 4 MAN atau MA swasta yang ada di Kabupaten Ponorogo. Tiap tim terdiri dari 2 siswa-siswi. 

"Adapun kriteria dalam penilaian lomba bathik antara lain, ide, kreativitas, kearifan lokal, proses dan harmonisasi," jelasnya saat dikonfirmasi di Pendopo Ponorogo, Sabtu (2/10/2021).

Dirinya menambahkan, lomba ini merupakan suatu inovasi dan wadah bagi pelajar untuk unjuk kebolehan melukis bathik khas 'Kota Reyog'. Lomba desain bathik ini mengangkat tema yakni kreativitas PKK untuk Ponorogo hebat.

"Menggali kreativitas dan mengajak pelajar budaya membathik. Dengan tujuan mengangkat bathik Ponorogo untuk diminati wisatawan. Serta menuju pariwisata dunia," tandasnya. (*)

Pewarta : Andre Prisna
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV