SUARA INDONESIA

Jokowi: PON Panggung Persatuan dan Panggung Keadilan

Mustakim Ali - 03 October 2021 | 08:10
Peristiwa Daerah Jokowi: PON Panggung Persatuan dan Panggung Keadilan

JAYAPURA – Presiden Joko Widodo resmikan pelaksanaan PON XX tahun 2021 di Provinsi papua yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe Kampung Harapan Kabupaten Jayapura pada, Sabtu (02/10/2021) malam.

Dihadapan ribuan masyarakat Papua dan para atlet maupaun official PON Presiden mengakui sangat  banga bisa membuka PON XX tahun 2021 yang baru pertama kali diselengarakan di Tanah Papua yang berlangsung di stadion Lukas Enembe yang merupakan stadion terbaik di asia pasifik.

Mantan walikota Solo itu menjelaskan bahwa PON ini mengambarakan kemajuan papua lewat kesiapan infrastruktur dan kesiapan masyarakat dalam menyelengarakan ivent besar di Negara Indonesia ini untuk meraih prestasi di kanca nasinal dan internasional.

“Pon ini mempunyai makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia, yakni PON ini merupakan pangung persatuan, kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju dan sejahtera bersama dalam bingkai NKRI,” seru Jokowi dihadapan ribuan masyarakat yang hadir dalam acara peresmian PON XX di Papua.

Prestasi anak-anak harus dipupuk dan dikebangkan seperti beberapa mantan atlet yang sudah mengharumkan Indonesia lebih khususnya Papua harus dijadikan motivasi oleh anak-anak Papua lainya. Bukan hanya bidang olah raga, bidang music dan seni budaya yang sangat membanggakan juga harus terus dikembangkan.

“Dalam pelaksanaan PON ini mari kita junjung tinggi sportifitas dan persatuan dan kesatuan. Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat untuk itu mari kita tunjukan partisipasi untuk mensukseskan PON XX tahun 2021 di Papua ini,” bebernya.

Dikesempatan yang sama Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe mengaku sangat banga atas kedatang tamu-tanu PON XX di Tanah Papua. Dirinya juga menyampikan apresiasi yang setingi-tingginya kepada Presiden yang telah mengijinkan pelaksanaan PON XX ini bisa diselnegarakan di bumi cenderawasih.

“Pelaksanaan PON XX ini menjadi simbol kemenangan kita bersama untuk meraih prestasi baik di kanca Nasional hingga inter nasional,” ujar Gubernur.

Dirinya berharap pelaksanaan PON XX ini bisa berjalan dengan baik, sukses prestasi, administrasi dan suskes penyelengaraan secara umum.


Ketua Komisi Keabsahan PON XX Mayjen (Purn) Soedarmo mengakui bahwa dari 34 provinsi ada 7.066 atlet dari seluruh Indonesia mengikuti PON XX di Papua.

Ada 37 cabang olahraga, 56 disiplin dan 679 nomor pertandingan yang berlangsung pada 2-15 Oktober 2021, terdiri dari 4.176 atlet putra dan 2.890 atlet putri.

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV