SUARA INDONESIA

Angka Kematian Ibu di Banyuwangi Meningkat

Muhammad Nurul Yaqin - 04 October 2021 | 12:10
Peristiwa Daerah Angka Kematian Ibu di Banyuwangi Meningkat

BANYUWANGI- Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terhitung sejak Januari-September 2021 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi di Widji Lestariono mengatakan, meningkatnya kasus kematian ibu pada tahun ini akibat pandemi Covid-19.

Dia menyebutkan, pada tahun 2019 kasus kematian ibu mencapai 33 kasus. Sementara tahun 2020 angka kematian berhasil ditekan, berkurang menjadi 19 kasus kematian ibu. Karena pandemi yang meningkat, angka kematian ibu tahun ini melonjak menjadi 47 kasus.

"Karena situasi pandemi yang sangat meningkat, maka jumlah kematian ibu juga meningkat, sampai saat ini tercatat ada 47 kematian ibu. Sebagian besar meninggal akibat Covid-19," terang Rio, sapaan akrabnya, Senin (4/10/2021).

Sementara, lanjutnya, angka kematian bayi (AKB) di Banyuwangi cenderung baik. Oleh karena itu, AKI menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan setempat.

"Kita akan terus berupaya menekan angka kematian ibu dan bayi, ini menjadi indikator utama atensi kita yang kita lakukan dari tahun ke tahun," tandas Rio. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV