SUARA INDONESIA

Gandeng Suara Indonesia, FTIK UIN KHAS Jember Gelar Diklat Penulisan

Wilda Natasya - 05 October 2021 | 17:10
Peristiwa Daerah Gandeng Suara Indonesia, FTIK UIN KHAS Jember Gelar Diklat Penulisan

JEMBER - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember gendeng jurnalis Suaraindonesia.co.id menggelar kegiatan diklat penulisan bersama mahasiswa.

Adapun materi penulisan fokus kepada Essay, Opini dan Berita yang diikuti oleh puluhan peserta dari mahasiswa semester 3 sampai 7, Selasa (5/10/2021).

Pelatihan tersebut bertujuan, untuk mengupgrade skill kepenulisan yang dimiliki oleh mahasiswa.

Mahasiswa ini, sebelumnya sudah terbiasa menulis makalah dan artikel ilmiah, sementara untuk jenis opini, essay dan berita memiliki style yang berbeda.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FTIK UIN KHAS Jember Zainal Abidin menjelaskan, dunia jurnalistik terutama pemberitaan merupakan hal yang penting dalam sebuah instansi.

Tujuannya kata dia, membantu menyebarluaskan infomasi mengenai kegiatan yang sedang atau akan dilakukan kepada masyarakat luas.

"Kalau selama ini mahasiswa kan berbagi infonya lewat media sosial saja," jelasnya.

Dirinya menambahkan, out put dari diklat kali ini adalah mahasiswa mampu mengekspresikan kemampuan menulis yang dimiliki.

Kemudian menuangkannya di berbagai media atau website internal FTIK UIN KHAS Jember.

"Dengan begini kan jadi punya bekal kalau nanti mau menjadi seorang jurnalis. Out putnya adalah mahasiswa dapat mengekspresikan kemampuan menulis mereka dan mengirimnya ke berbagai media," lanjutnya.

Sebagai tindak lanjut dan keseriusan untuk mewujudkan tujuan utama diklat, fakultas selanjutnya akan membuat website khusus kemahasiswaan yang menyediakan berbagai fitur, termasuk opini, essay, cerpen dan berita.

"Kita ada 10 Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), nanti setiap dari mereka harus bisa memberitakan tentang kegiatannya," tambahnya.

Dirinya melanjutkan, pihaknya juga akan terus melakukan pendampingan dan memberikan pembimbingan dengan menghadirkan dosen-dosen yang telah kompeten di bidang jurnalistik untuk mahasiswa.

"Jadi nanti masing-masing prodi akan ada dosen yang bertanggungjawab mendampingi mahasiswanya," terangnya.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV