SUARA INDONESIA

Warga Lereng Gunung Lawu Magetan Sukses Budidaya Ikan Koi

Prabasonta - 06 October 2021 | 10:10 - Dibaca 2.92k kali
Peristiwa Daerah Warga Lereng Gunung Lawu Magetan Sukses Budidaya Ikan Koi
Stijo warga lereng Gunung Lawu Desa Sumber Dodol Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan sukses budidaya ikan koi dengan memanfaatkan lahan pekarangan kosong depan rumah dan aliran sumber mata air desa setempat. (Foto Yoni)

Magetan - Berawal dari hoby, warga di Desa Sumber Dodol, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan kini sukses menjadi pembudidaya ikan koi atau ikan bersulam emas dan perak.

Stijo Pudji Rahardjo (54) alias Brewok mengatakan,  ia mulai menggandrungi ikan koi sejak ia berusia sekolah.

Dijelaskannya alasannya ia memilih ikan koi lantaran ikan koi menurut mitos dan sejarah yang berkembang ikan koi merupakan ikan keberuntungan dan dijadikan lambang cinta juga persahabatan.

"Ikan koi warnya lebih bagus cerah dan perkembangannya cukup bagus di daerah sini, karena sumber mata ir dodol ini sukup bagus untuk pengembangan ikan koi, apalagi ikan koi tersebut nilai ekonomisnya cukup bagus juga, dan sangat potensi untuk budidaya ikan koi," ujar stijo.

Selain untuk sarana hiburan, ikan koi tersebut juga dipasarkan di Kabupaten Magetan hingga luar Kabupaten Magetan seperti, Tulungagung, Madiun, Ponorogo dan berbagai kota lainya.

"Saya berharap semoga ini menjadikan pembelajaran bagi kita agar dapat pandai-pandai memanfaatkan perkarangan rumah yang kosong untuk dijadikan berbagai macam usaha rumahan, Sehingga dapat dijadikan usaha sampingan yang beromset hingga puluhan juta rupiah dalam setiap bulannya," tutupnya. (Yoni)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Prabasonta
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya