SUARA INDONESIA

Begini Cara Petani Madiun Usir Tikus dengan Ketela

Prabasantosa - 06 October 2021 | 14:10
Peristiwa Daerah Begini Cara Petani Madiun Usir Tikus dengan Ketela

MADIUN - Jenis ketela kaspe jadi kunci Giyono salah seorang petani asal Dukuh Kandangan, Desa Kedondong, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun untuk mengusir hama tikus.

Ketela tersebut ditanam disepanjang pematang sawah pertanian yang ditanami padi miliknya.

Jarak penanaman ketela lokal tersebut berjarak satu hingga dua meter, dan jika jaraknya terlalu dekat, maka akan mengganggu pertumbuhan tanaman padi.

“Jarak menanam ketela kaspe berjarak anatara satu meter hingga dua meter, jika terlalu dekat nanamnya pertumbuhan padi jadi terganggu, saya tanam ketela kaspe disepanjang pematang sawah," ucap Giyono.

Meski bersifat tradisional untuk mengusir hama tikus, hal tersebut ternyata ampuh dan mujarab.

"Karena disaat menyerang tanaman padi hewan pengerat tersebut, tidak jadi menyerang tanaman padi, karena hama tikus akan memakan ketela yang sudah ditanam disepanjang pematang sawah tadi," ucapnya.

Dijelaskannya, cara mengusir tikus tersebut dilakukan Giyono sejak tahun 1963, dan ia belajar sewaktu menjadi buruh tani disalah satu tokoh warga desa setempat.

"Cara ini juga dari warisan kakek nenek saya. Meski sudah puluhan tahun dan saat ini banyak berbagai macam pestisida untuk membasmi hama tikus, Namun saya berkeyakinan media tanam ketela lebih ampuh untuk bisa mengusir hama tikus," ujarnya.

Dikatakannya pula, dari sejumlah pengalaman petani di desa yang membasmi hama tikus dengan pestisida maupun dengan sistem pengasapan tidak terbukti mampu membasmi serangan hama tikus.

"Bahkan pasca pembasmian menggunakan pestisida maupun pengasapan lanjutnya, serangan hama tikus semakin sporadis," tutupnya.  (Yoni)

Pewarta : Prabasantosa
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV