SUARA INDONESIA

Siap Hadapi Gempa dan Tsunami, BMKG Gelar SLG di Purwodadi Purworejo

Widiarto - 06 October 2021 | 14:10 - Dibaca 1.51k kali
Peristiwa Daerah Siap Hadapi Gempa dan Tsunami, BMKG Gelar SLG di Purwodadi Purworejo
Kepala BMKG bersama BPBD dan peserta saat melakukan susur pantai dalam sekolah lapang gempa bumi di Desa Gedangan

PURWOREJO - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggelar Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami (SLG) yang dipusatkan di Desa Gedangan, Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah, pada Rabu (06/10/2021).

Sekolah dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan jika terjadi bencana gempa dan tsunami di Purworejo.

Sekolah Lapang Gempa Bumi itu diikuti oleh 52 peserta selama dua hari, dari Rabu (06/10/2021) hingga Kamis (07/10/2021).

Kepala BMKG, Dwi Korita Karnawati mengungkapkan, dirinya hadir di Purworejo untuk meninjau langsung sekaligus menyiapkan mitigasi bencana berdasarkan data dan kondisi terbaru di lapangan.

“Kita juga melakukan susur jalur evakuasi dari mulai bibir pantai sampai titik assembly point dengan tujuan untuk mengetahui berapa waktu tempuh perjalanan dari pantai hingga titik evakuasi,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan kajian yang ada di wilayah Jawa Tengah, bencana tsunami akan sampai ke daratan 39 menit setelah terjadinya gempa.

Sedangkan himbauan dari BMKG adalah 5 menit setelah gempa, sehingga masyarakat mempunyai waktu 34 menit untuk mengevakuasi diri sebelum tsunami tiba.

Dikatakan bahwa di pesisir Purworejo petanya sudah mengalami perubahan dari data terakhir tahun 2018. Sudah banyak bertambah bangunan dan pemukiman yang semakin dekat pantai, yang tentunya akan semakin tinggi resiko korban jika terjadi tsunami.

“Tujuan kita bukan untuk menakut-nakuti ataupun membuat resah, tapi kita harus sampaikan apa adanya agar masyarakat dapat lebih waspada dan dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat mengevakuasi diri secara mandiri jika sewaktu waktu ada bencana tsunami," ujarnya.

Selain itu dijelaskan, pada awal 2021 BMKG telah melakukan penyerahan peta rawan tsunami level kecamatan dan credential aplikasi sirine tsunami mobile SIRITA pada BPBD Kabupaten Purworejo.

BMKG juga telah memasang Warning Receiver SystemNew Generation (WRSNG) di Kantor BPBD. Peralatan ini merupakat diseminasi yang dapat memberikan info gempa bumi secara real time.

Mewakili Bupati Purworejo, Asisten Administrasi dan Kesra Pram Prasetya Achmad, menyampaikan terima kasih kepada BMKG karena Kabupaten Purworejo mendapat alokasi kegiatan sekolah lapang gempabumi, yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana.

“Wilayah Kabupaten Purworejo yang terdiri dari dataran, pegunungan, perbukitan, dan pantai memungkinkan terjadinya berbagai jenis ancaman serta memiliki potensi bencana yang tinggi," ungkapnya.

Dijelaskan, pantai-pantai di Purworejo yang menghadap langsung Samudera Indonesia itu, sangat berpotensi terjadinya bencana khususnya tsunami, yang biasanya terjadi setelah adanya gempa bumi.

"Sebagai langkah antisipasi bila terjadi bencana tsunami, Pemkab Purworejo telah melakukan berbagai langkah. Antara lain menyusun peta resiko dan bahaya tsunami, memasang alat EWS tsunami,  mempersiapkan jalur evakuasi mulai dari peta, rambu hingga pengerasan jalan dan sebagainya," jelasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV