SUARA INDONESIA

MPM Bagikan Tips Cari Aman Berkendara Jelang Musim Penghujan

Yuni Amalia - 07 October 2021 | 12:10
Peristiwa Daerah MPM Bagikan Tips Cari Aman Berkendara Jelang Musim Penghujan

SURABAYA - Menjelang musim penghujan seperti sekarang ini, pengendara motor perlu mempersiapkan perlengkapan serta kendaraan yang prima untuk melibas jalanan yang licin atau pandangan yang mungkin terganggu oleh air hujan agar terhindar dari kecelakaan

Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim , Hari Setiawan memberikan tips Aman agar terhindar dari bahaya yang timbul karena faktor cuaca.

1. Persiapkan jas hujan

Perhatikan perlengkapan berkendara seperti helm, sarung tangan, celana panjang , masker dan memakai alas kaki tertutup serta jas hujan. Sebaiknya pilih jas hujan model baju dan celana serta yang berwarna cerah agar lebih nyaman berkendara dan melindungi tubuh ketika terjatuh.

Keringkan jas hujan yang telah dipakai dengan cara diangin-anginkan. Dan setelah kering dapat disimpan di dalam bagasi motor agar tidak ketinggalan. Beberapa produk type skutik dari Honda sudah mempunyai bagasi yang luas seperti Honda Vario, Honda PCX 150 dan Honda ADV150. Dengan bagasi yang luas pengendara dapat menyimpang berbagai perlengkapan berkendara agar tidak tertinggal

2. Cek kondisi lampu motor 

Pastikan lampu motor berfungsi dengan normal, cek seluruh kondisi lampu depan, belakang dan lampu sein sebelum berkendara. Agar pengendara lain bisa dengan mudah mengidentifikasi keberadaan motor anda. Mengingat saat hujan deras pandangan para pengendara seringkali terbatas.

3. Cek Kondisi ban anda agar siap melewati jalanan basah 

Pastikan tekanan ban ideal dan kondisi Ulir ban yang masih tebal sehingga berfungsi untuk membelah air ketika melewati jalanan basah, karena kondisi ulir ban tipis akan sering mengakibatkan hydroplaning yang membuat ban kita mudah kehilangan daya cengkram ke aspal di jalanan basah dan bisa menyebabkan ban selip.

4. Kurangi kecepatan saat berkendara di tengah hujan

Sebaiknya kurangi kecepatan agar tetap sampai tujuan dengan selamat. Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan didepan dan pandangan mata jauh kearah yang dituju agar pada waktu turun hujan tidak terjadi tabrakan dengan kendaraan didepan Kenali potensi bahaya sejak dini ketika berkendara, tidak masalah jika harus berkendara sedikit lebih lama. Yang terpenting adalah keselamatan diri.

5. Siapkan rute perjalanan yang paling aman

Apabila rute yang akan kita lewati mengharuskan melewati rel kereta api , sebaiknya berkendara dengan posisi roda menyerong. karena bisa mengakibatkan Motor tergelincir ketika rel basah dan Licin,

Tips nya kurangi kecepatan pastikan melintasi Rel Kereta tersebut dengan posisi roda memotong Rel Tegak lurus dan hindari penggunaan rem depan ketika melintasi rel Kereta api tersebut.

Dan jika harus melewati jalanan berlubang, maka saat musim penghujan sebaiknya hindari jalanan tersebut. Sebab, seringkali jalan berlubang tersebut tidak terlihat karena digenangi oleh air. 

“Pada saat musim hujan, sebagai pengendara motor haruslah untuk siap akan kondisi yang bisa saja berubah dalam waktu sekejap dan untuk tetap bisa beraktivitas dalam kondisi seperti itu kita harus mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi. Tak hanya kesiapan diri kita yang harus diliat tapi juga kesiapan kendaraan juga harus dicek. Agar kita tetap Cari_Aman sewaktu di jalan," kata Hari.

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV