SUARA INDONESIA

Seleksi CASN di Ponorogo, Sugiri Sancoko: Hati-hati Adanya Calo

Andre Prisna - 08 October 2021 | 13:10
Peristiwa Daerah Seleksi CASN di Ponorogo, Sugiri Sancoko: Hati-hati Adanya Calo

PONOROGO - Ribuan peserta mengikuti seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo di gor Singodimedjo. 

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko mengingatkan kepada para peserta CASN dan P3K agar berhati-hati dengan namanya makelar ASN atau calo.

"Jangan percaya adanya calo yang meminta uang untuk menjanjikan para peserta untuk bisa lolos seleksi dan diterima masuk pegawai," jelasnya, Jum'at (8/10/2021).

Pihaknya mendapati isu dan informasi jika banyak calo 'berseliweran' menawarkan kepada peserta supaya bisa masuk pegawai. Sehingga, peserta harap hati-hati agar tak menjadi korban.

"Karena pelaksanaan seleksi CASN ini dilakukan secara transparan. Menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Tes dilaksanakan dengan pengawasan ketat," tuturnya.

Tiap peserta mendapat soal uji seleksi yang berbeda-beda. Serta antara lain seleksi kemampuan dasar hingga intelejensi umum.

Dengan seleksi sistem komputer, usai test nilai akan muncul. Jadi peserta jangan sampai tertipu," bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ponorogo, Winarko Arief mengatakan, seleksi CASN ini diikuti 3.544 peserta.

"Dengan jatah 153 formasi CPNS terdiri dari 96 tenaga kesehatan dan 57 tenaga teknis. Serta 1.910 formasi P3K terdiri dari 1.713 tenaga guru, 148 tenaga kesehatan serta 49 tenaga teknis," jelasnya.

Pihaknya melaksanakan CASN sesuai aturan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Teknisnya sebanyak 165 laptop utama dan cadangan dipersiapkan untuk peserta seleksi. Tesnya sehari dibagi menjadi tiga sesi.

"Sehingga tes seleksi ini akan dilaksanakan hingga delapan hari kedepan. Seluruh alat memadai termasuk kekuatan jaringan dan menggunakan sistem computer assisted test (CAT)," tandasnya. (*)

Pewarta : Andre Prisna
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV