SUARA INDONESIA

Warga Magetan Ubah Sampah Botol Plastik Jadi Uang

Prabasantosa - 08 October 2021 | 14:10
Peristiwa Daerah Warga Magetan Ubah Sampah Botol Plastik Jadi Uang

MAGETAN - Berawal keresahan banyaknya sampah botol plastik yang menyumbat diselokan serta terkesan kumuh dan menyebabkan banjir, seorang pemuda di Desa Ringin Agung, Kabupaten Magetan mengubah sampah menjadi kerajinan bernilai ekonomis.

Dibawah naungan Bank Sampah Sapu Jagad, Juli Kuswanto dan 15 anggotanya mengubah botol plastik bekas tak terpakai menjadi kerajinan tangan.

"Saya prihatin dengan banyaknya sampah botol yang berada diselokan, kemudian saya berfikir bagaimana sampah botol tersebut dapat dimanfaatkan dengan nilai ekonomis tinggi, dan dengan tekad bulat dibantu relawan, maka sampah botol tersebut dapat kita buat menjadi kerajinan kursi dan meja," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, kerajinan kursi dan meja yang ia buat dengan motif dan warna beraneka ragam.

"Untuk satu set, terdiri dari 4 kursi 1 meja dijual dengan harga 1 juta 500 ribu rupiah. Meski terbuat dari botol bekas, untuk kekuatan kursi tidak diragukan lagi," ucapnya.

Ia juga mengatakan, kerajinan kursi dan meja dari plastik botol bekas yang pihaknya buat dipasarkan ke Magetan, Lamongan, Gresik dan Surabaya.

"Sistem penjualan secara online dan rata-rata dalam satu bulan terjual antara 2 hingga 3 set. Bahkan di Bank Sampah tersebut, untuk saat ini sudah menjadi rujukan study banding dari berbagai kota dan kabupaten di jawa," tutupnya. (Yoni)


Pewarta : Prabasantosa
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV