SUARA INDONESIA

Ustaz Adi Hidayat: Cara Gampang Meraih Nikmat Allah SWT Tanpa Henti

Wilda Natasya - 08 October 2021 | 15:10
Peristiwa Daerah Ustaz Adi Hidayat: Cara Gampang Meraih Nikmat Allah SWT Tanpa Henti

JEMBER-Bekerja merupakan salah satu cara manusia untuk menjemput rejeki yang telah Allah siapkan bagi setiap hamba-Nya.

Namun sayangnya banyak yang bolak-balik siang dan malam demi bekerja mencari materi dan lupa untuk mengingat Allah SWT. 

Kesibukan-kesibukan tersebut menenggelamkan seseorang dari kerja tanpa henti, hingga menghalalkan segala cara demi mendapat materi yang lebih banyak lagi.

Lalu kemudian terjebak pada rejeki yang tidak halal. Padahal menurut ustaz Adi Hidayat dalam kanal YouTube Adi Hidayat Official tidak ada materi yang susah dicari jika seseorang tau rahasianya.

"padahal kata Allah caranya gampang, kamu amalkan yang ini dapat. Ngapain kamu susah kalau bisa gampang, kalau busa yang gampang ngapain kamu milih yang susah, kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit, kalau bisa cari yang halal kenapa cari yang haram," ujarnya.

Satu cara tersebut sangat mudah, dan hal ini juga telah Allah tegaskan dalam kalam-Nya.

"dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan 'sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka azab-Ku sangat berat," QS Ibrahim: 7.

Dalam penulisan ayat ini Allah menggunakan   "ل" yang dalam kaidah bahasa Arab disebut dengan huruf taukid yakni huruf yang berfungsi untuk menegaskan sebuah informasi.

Penggunaan huruf ini dalam sebuah ayat maupun hadis menandakan bahwa apa yang disampaikan begitu kuat dan harus diyakini.

"kalau anda menemukan 'ل' dengan harakat fathah kemudian bunyinya pendek, ini menunjukkan informasi yang disampaikan begitu serius, begitu kuat dan membuat kita harus yakin tanpa ragu sedikitpun. Apalagi yang menyampaikan itu Allah dalam Al-Qur'an," jelasnya.

Kemudian dalam ayat tersebut juga ditemukan huruf 'ان' yang merupakan huruf syarat. 

Penggunaan huruf 'ان' ini dalam Al-Qur'an dan hadis menunjukkan bahwa ada syarat yang harus dilakulan untuk mendapatkan sesuatu yang dinginkan.

Dan dalam konteks ayat ini adalah nikmat yang akan terus ditambah oleh Allah SWT jika dia melakukan syarat yang disebutkan dalam ayat tersebut.

Dengan memahami makna ataupun tafsir dari ayat tersebut maka dapat ditemukan sebuah formula agar nikmat yang Allah berikan selalu bertambah tanpa henti, yakni dengan bersyukur.

Rumus inilah yang harus dipakai oleh setiap muslim agar tidak tertipu dengan kesibukan-kesibukan dunia demi mencari materi, ataupun rejeki.

"jadi kalau anda sekarang mendapat nikmat ketenangan kata Allah, Aku akan tambah ketenangan itu tanpa berhenti," tambahnya.

Keutaman bersyukur ini juga dapat ditemukan dalam ayat-ayat lain, yang menegaskan kemurahan Allah bagi hamba-hamba-Nya yang terus bersyukur.

Ada yang diberikan nikmat tanpa henti dari dunia ke kuburnya hingga akhirat, seperti dalam QS Al-Imran ayat 169-171. 

Adapula yang diberi nikmat langsung seluas langit dan bumi, QS Al-Imran ayat 133-134. 

Bahkan ada yang diberikan nikmat ketika dia di surga, dengan kenikmatan seperti yang dia inginkan, QS Al-Baqarah ayat 25. 

Semua kenikmatan tanpa henti itu adalah buah dari rasa syukur yang dimiliki oleh seorang hamba.

"Begitu anda syukuri, jangan ragu Allah akan tambahkan sampai kalian merasa puas mendapatinya," tutupnya. (Ree/Wil)

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV