SUARA INDONESIA

Trend Covid-19 Menurun, Perpusda Jember Mulai Ramai Pengunjung

Wilda Natasya - 08 October 2021 | 18:10
Peristiwa Daerah Trend Covid-19 Menurun, Perpusda Jember Mulai Ramai Pengunjung

JEMBER- Seiring dengan menurunnya angka kasus Covid-19 di Kabupaten Jember, Perpustakaan Daerah (Perpusda) Jember kembali ramai dikunjungi oleh masyarakat. Bahkan, kenaikan jumlah pengunjung mencapai hingga lima puluh persen.

Sekertaris Dinas Perpusda Jember Sutarman menjelaskan, program bus perpusda yang biasa hadir di alun-alun setiap Car Free Day (CFD) juga telah kembali beroperasi.

Antusiasme masyarakat dinilai cukup tinggi, hal tersebut diduga sebagai bentuk dari kerinduan masyarakat sekitar terhadap pelayanan Perpusda.

“Iya kami sudah mulai beroperasi lagi dari minggu kemarin. Antusiasme masyarakat juga sangat luar biasa, mungkin karena itu menjadi kerinduan bagi mereka yang ada disana,” jelasnya, Rabu (6/10/2021)

Seperti diketahui, selama diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level tiga dan empat, perpustakaan tetap beroperasi namun tidak memperbolehkan pengunjung untuk membaca di tempat.

Menurut Sutarman, tindakan itu  juga sebagai upaya mendukung pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, namun tetap memfasilitasi kebutuhan masyarakat terhadap literasi yang dibutuhkan.

Meski demikian, pihaknya memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung dan pembagian jam kerja.

“Kita tetap beroperasi, karena masyarakat juga memerlukan literasi yang ada di sini. Jadi tetap kita layani tapi terbatas. Kita juga memberlakukan pembagian shift, ada sebagian yang bekerja dari rumah dan lainnya di sini,” katanya.

Sekdin menambahkan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar Perpusda mampu menyentuh seluruh lapisan masyarakat, bahkan hingga tingkat desa untuk gemar membaca.

Beberapa kegiatan juga telah dilakukan untuk merealisasikan hal tersebut, diantaranya. Perpusda hadir di sekolah-sekolah, pondok pesantren dan masyarakat.

“Kami tentunya ingin secara maksimal terjun kemasyarakat, bahkan tingkat desa. Untuk mengajak mereka agar gemar membaca,” imbuhnya.

Dirinya berharap pandemi Covid-19 segera selesai, sehingga masyarakat dapat melakukan kegiatan secara normal.

“Semoga pandemi ini segera selesai ya, agar kita bisa lebih maksimal lagi. Masyarakat juga bisa berkegiatan secara normal,” tandasnya.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV