SUARA INDONESIA

Ngopi Bareng Perangkat Desa, Cara Camat Panti Jember Kembangkan Wisata Daerah

Wilda Natasya - 11 October 2021 | 17:10
Peristiwa Daerah Ngopi Bareng Perangkat Desa, Cara Camat Panti Jember Kembangkan Wisata Daerah

JEMBER- Sebagai upaya untuk menggali dan mengembangkan potensi wisata yang ada di desa, unsur Kecamatan Panti mengadakan agenda Ngobrol Pagi Penuh Inspirasi (NGOPI) bersama sejumlah perangkat desa dan masyarakat setempat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jember Coffe Canter yang ada di Desa Kemiri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember dengan mengusung konsep diskusi santai dan tanya jawab, Senin (11/10/2021).

Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Panti Umar Faroek menjelaskan, agenda kali ini bertujuan untuk berbagi informasi dengan perangkat desa. Tentang potensi di wilayah masing-masing yang nantinya dapat diangkat sebagai destinasi wisata.

Faruk menilai Kecamatan Panti memiliki lokasi yang strategis sebagai tujuan wisata, karena terdapat banyak unsur-unsur yang berpotensi untuk dijadikan tempat wisata. Namun, selama ini masih belum mendapatkan pengelolaan secara maksimal.

“Panti ini cukup potensial untuk pengembangan potensi wisatanya, lokasinya cukup strategis untuk dijangkau oleh wisatawan,” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, jika dikembangkan dengan baik wisata yang ada di Kecamatan Panti nantinya akan lebih dikenal oleh masyarakat secara luas, baik regional, nasional bahkan internasional.

“Kedepan kami akan berusaha untuk mengelola dengan baik, agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, baik regional hingga internasional,” imbuhnya.

Seperti diketahui, sejumlah wisata di kecamatan tersebut memang sudah tak asing di telinga masyarakat. Beberapa diantaranya adalah Kampung Durian, Wisata Desa Kemiri dan Air Terjun.

Untuk itu pihaknya ingin bekerjasama dengan perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Masyarakat dan pemuda dalam mengangkat potensi di masing-masing desa.

“Kita akan menggandeng dan bekerjasama dengan perangkat desa, masyarakat dan pemuda serta BPD untuk menggali potensi di desa masing-masing. Jadi saya minta tolong kepada hadirin sekalian untuk mensuport hal ini,” lanjutnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Sekertaris Desa Suci Muhammad Subandi, dirinya mengatakan agenda tersebut merupakan yang pertama di Kecamatan Panti.

Dengan demikian, pihaknya siap melakukan sinergi antar desa, karena dengan begitu dapat mendorong peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Menurut saya ini sangat bagus sekali, karena juga baru pertama kalinya ada agenda seperti ini. Terkait pengembangan wisata kami selalu siap mendukung, karena dampaknya nanti ekonomi masyarakat akan meningkat juga,” ucapnya.

Sementara itu, saat dihubungi secara terpisah, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember Dhebora Krisnowati mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dicetuskan oleh Kecamatan Panti.

Menurutnya hal tersebut merupakan bentuk dari sinergi, kolaborasi dan akselerasi yang menjadi langkah awal untuk mengembangkan sektor pariwasata di Kabupaten Jember. 

“Keren banget itu, silahkan dilanjutkan. Kami sangat mendukung sekali dan siap untuk memfasilitasi teman-teman panti,” ungkapnya.

Sekedar informasi, dalam kegiatan tersebut turut hadir Sekertaris Desa Suci Muhammad Subandi, Sekertaris Desa Kemiri Mohammad Falsafah, Sekertaris Desa Pakis Musawir, Pemuda Destana Desa Suci, Pendamping Desa Kecamatan, Pendamping Lokal Desa dan perwakilan dari BPD.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV