SUARA INDONESIA

Banjir Peminat, Pasca Sarjana UIN KHAS Jember Akan Tambah Prodi Baru 

Wildan Mukhlishah Sy - 13 September 2021 | 18:09 - Dibaca 5.25k kali
Peristiwa Daerah Banjir Peminat, Pasca Sarjana UIN KHAS Jember Akan Tambah Prodi Baru 
Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember.(Foto: Wildan/suaraindonesia)

JEMBER- Pasca Sarjana Universitas islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, berencana untuk membuka program studi (Prodi) baru. 

Hall tersebut karena melihat tingginya minat masyarakat yang mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di Pasca Sarjana. 

Direktur Pasca sarjana UIN KHAS Jember Prof Dr KH Abdul Halim Subahar menjelaskan, pihaknya telah menerima sebanyak 242 mahasiswa baru di program Magister dan Doktor tahun akademik 2021/2022, yang telah mengikuti orientasi dan matrikulasi pada bulan Agustus 2021. 

“Mereka itu dari delapan prodi magister dan tiga prodi doktor, sudah mengikuti orientasi dan matrikulasi di bulan Agustus kemarin,” katanya, Senin (13/9/2021). 

Dirinya menjelaskan, peminat S2 dan S3 di Pascasarjana UIN KHAS Jember mencapai ribuan orang. Dengan rincian sebagai berikut, S2 dan S3 reguler sebanyak 612 dengan 428 pendaftar dan yang diterima yakni 222 mahasiswa. 

Sementara untuk program beasiswa S2 Madin menjacapai hingga 412 dengan 389 pendaftar, sedangkan jumlah yang diterima hanya 20 mahasiswa. 

Menurutnya peminat yang terus meningkat setiap tahun, membuat kampus harus lebih selektif lagi kedepannya. 

“Peminatnya kan semakin banyak, maka kita kedepan juga harus lebih selektif lagi,” ungkapnya. 

Sekedar diinformasikan, program magister di Pascasarjana UIN KHAS Jember terdiri dari delapan prodi diantaranya. Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Ekonomi Syariah (ES), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Hukum Keluarga dan Studi Islam. 

Prof Halim menambahkan selain Manajemen Pendidikan islam dan Pendidikan Agama Islam, program Doktor UIN KHAS Jember memiliki prodi baru yang mendapatkan respon sangat baik dari masyarakat, yakni Studi Islam. 

“Meskipun prodi ini baru dibuka tahun ini, tapi peminatnya sangat luar biasa. Bahkan kita sudah menerima dua kelas,” pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV